Selasa, 30 Mei 2017

Peranan BK di Sekolah

pENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Bimbingan Konseling merupakan suatu hal yang diberikan terhadap setiap pribadi siswa dalam rangka pembimbingan ataupun pencarian solusi terhadap suatu masalah yang dihadapi setiap individu ataupun kelompok siswa. Sehingga Bimbiman Konseling beserta elemen gurunya sangatlah penting dalam perananannya di dunia pendidikan sehingga para pelaku pendidikan bisa mengatasi persoalan pendidikan. Dengan melihat realita sekarang dimana permasalahan anak remaja semakin kompleks dan semakin penuh kelikuan sehingga memerlukan bimbingan menuju penyelesaian ataupun konseling terkatit hal yang dipermasalahkan.


  1. Tujuan Wawancara
  1. Untuk mengetahui BK dan keberadaannya di sekolah
  2. Untuk mengetahui penanganan BK dalam penyelesaian masalah siswa di sekolah
  3. Untuk menambah wawasan dan pemahaman konsep BK di sekolah




  1. Waktu & Tempat Wawancara
Waktu : 23 Mei 2017, pkl 09.00 WIB
Tempat : SMK Al Munawwir Yogyakarta
Narasumber: Bapak M Nur Kholis




ISI WAWANCARA
  1. Narasumber
Bapak M. Nur Kholis


  1. Pewawancara
Moh. Zaki Jamaludin 14410069


  1. Hasil wawancara
  1. Bagaimana pandangan anda tentang BK di sekolah ?
Guru BK di sekolah seharusnya bertindak sebagai pengawal peserta didik yakni ketika ada peserta didik yang kurng lurus dengan kwajiban yang seharusnya dilakukan selayaknya peserta didik maka BK bertugas meluruskan kembali peserta didik tersebut perihal masalah dll.
  1. Bagaiamana pandangan anda terkait BK dengan Konseling Islam ?
Suatu hal yang dilakukan oleh Bk sebagai cara menyampaikan kepada siswa apa yang menjadi kebutuhan seorang siswa dan kwajibannya, BK dan KI sebagai perpaduan yang mengarahkan dan membimbing peserta didik dalam menggapai prestasi yang dicita-citakan. Sebagaimana bimbingan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW terhadap umat manusia.
  1. Masalah apa saja yang pernah terjadi selama anda menjadi BK mulai terkecil hingga terbesar ?
Permasalahan yang sering terjadi adalah sebagaimana wajarnya anak remaja seperti bolos jam pelajaran dan keterlambatan, sedangkan masalah yang kami anggap besar seperti pembuatan acara diluar sekolah tanpa ada surat ijin dari sekolah dan juga tanpa adanya pemberitahuan agenda siswa dengan pihak sekolah sehingga sekolah tidak dapat memantau agenda peserta didik.
  1. Apa saja langkah BK dalam menyelesaikan permasalahan peserta didik tersebut ?
Pada setiap awal masuk siswa diberikan buku saku terkait dengan berbagai macam panduan belajar dll, jika terjadi masalah yang tidak diinginkan maka BK melakukan penyidikan dan juga memberi perhatian erhadap pemasalah menerima penyampaian peserta didik sehingga dapat menemukan penyelesaia dari berbagai sumber masalah yang terjadi
  1. Apakah BK dipandang sebagai sosok yang menakutkan ?
BK bukanlah sosok yang menakutkan ataupun kejam dll namun BK seharusnya sebagai sosook yang ramah dan bisa dijadikan sebagai teman siswa yang bisa menemani perjalanan setiap peserrta didik.
  1. Bagaimana pendapat anda terkait klaim BK sebagai sosok menakutkan dan dianggap sebagai polisi sekolah ?
Hal sedemikian itu dikarenakan BK menangani masalah peserta didik dengan hal yang mengejar penyelesainnya namun ternyata mengecewakan siswa, seharusnya dalam menangani permasalahan peserta didik guru BK melakukannya dengan beberapa tahapan penyelesaian yang sesuai bukan terburu-buru ataupun tanpa tahapan yang sudah ditentukan.
  1. Seberapa penting BK bagi perkembangan siswa ?
Guru BK memiliki peranan penting dalam pertumbuhan peserta didik selama berada dilingkungan pendidikan, sebab keharusan bagi BK memang sebagai sosok yang bisa memberikan pengarahan terhadap peserta didik sehingga pesertadidik dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya.

KESIMPULAN


Bimbingan Konseling merupakan suatu hal yang pokok dan dibutuhkan oleh setiap siswa baik sebagai pemberi arah pengembangan potensi ataupun sebagai teman yang mampu menemani dan memberikan saran dalam penyelesaian masalah yang dihadapinya

Guru BK bukanlah sosok yang menakutkan melainkan sebagai sosok yang ramah dan bisa menjadi teman peserta didik jika ingin mencurahkan permasalahan yang dihadapinya. Dalam penyelesaian masalah peserta didik guru BK melalui beberapa tahapan yang sudah ditentukan sehingga penyelesaiannya bisa berjalan baik dan lancar tanpa ada pihak yang dirugikan oleh karenanya BK hendaknya bersikap profesional dan bukan emosional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar