RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
MTs Negeri 4 Sleman
Kelas/Semester :
VIII/1 (Satu)
Mata Pelajaran :
Akidah Akhlaq
Alokasi Waktu : 2 x
40 menit (1 x Pertemuan)
KOMPETENSI INTI
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaan
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.4.Menghayati
adab yang baik kepada orang tua & guru.
2.4 Terbiasa
beradab ang baik kepada orang tua dan guru.
3.4.Memahami adab
kepada orang tua & guru.
4.4.Menstimulasikan
adab kepada orang tua & guru.
|
1.4.1. Menyadari
kewajiban menerapkan adab yang baik kepada orang tua & guru.
2.4.1. Menunjukkan
perilaku terbiasa menerapkan adab yang baik kepada orang tua &
guru.
3.4.1. Menjelaskan
pengertian adab kepada orang tua & guru.
3.4.2. Mengidentifikasi
dalil tentang adab kepada orang tua & guru.
3.4.3. Menjelaskan
hikmah menerapkan adab kepada orang tua & guru.
4.4.1. Menstimulasikan
secara berkelompok di depan kelas adab kepada orang tua &
guru.
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta didik
mengetahui maksud dari adab terhadap orang tua dan guru
Peserta didik mampu
menjelaskan maksud dari adab kepada orang tua dan guru
Peserta didik dapat
mempraktekkan adab terhadap orang tua dan guru serta menunjukkan
perbuatan yang mencerminkan perilaku tersebut
Peserta didik dapat
membiasakan diri untuk beradab kepada orang tua dan guru
MATERI
PEMBELAJARAN
Pengertian Adab
kepada Orang Tua
Adab terhadap orang
tua adalah merupakan bagian dalam etika islam yang menunjukkan kepada
tindakan berbakti kepada orang tua, adab ini hukumnya wajib ain bagi
setiap muslim
Bentuk-bentuk
birrul walidain:
Taat dan patuh
kepada orang tua, dalam nasihat dan larangan untuk maksiat
Mencintai dan sayang
kepada orang tua
Bersikap baik dan
hormat kepada orang tua
Mengikuti keinginan
orang tua dalam hal baik
Membantu orang tua
secara fisik ataupub materiil
Senantiasa mendoakan
orang tua
Menjaga perasaan
orang tua
Tidak memanggil
orang tua dengan namanya
Mendoakan orang tua
baik yang masih hidup ataupun sudah mati
Tidak mencaci maki
orang tua
Dll
Pengertian Adab
kepada Guru
Adab kepada guru
adalah suatu perbuatan yang harus dilakukan oleh setiap murid kepada
muridnya untuk berbuat baik kepada guru, dalam rangka marai dan
mengamalkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh dari seorang guru.
Bentk-bentuk adab
terhadap Guru :
Seorang murid
hendaknya hormat kepada guru, mengikuti pendapat dan petunjuknya
Seorang murid
hendaknya memberi salam terlebih dahulu kepada gurunya
Seorang murid
hendaknya hendaknya duduk dengan sopan dihadapan gurunya
Seorang murid
hendaknya jangan bersendau gurau dihadapan gurunya
Seorang murid
hendaknya tidak mendahului jalannya ketika sedang berjalan bersama
Seorang murid harus
berkata jujur ketika ditanya oleh gurunya
Dll
Hikmah adap kepada
orang tua dan guru
Mendapatkan pahala
dan dicintai oleh Allah SWT
Hidupnya akan merasa
nyaman dan penuh keberkahan
Mendapatkan ilmu
bermanfaat
Segala keinginan dan
cita-citanya akan mudah tercapai
LANGKAH-LANGKAH
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
Mengucapkan
salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas.
Apersepsi
Guru mengajukan
pertanyaan secara komunikatif tentang hal-hal yang berkaitan
dengan materi tentang Adab Terhadap orang tua & Guru yang
akan dipelajari peserta didik.
Motivasi
Peserta didik
diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari Adab Terhadap Guru
bagi kehidupan yang akan
dipelajari
Pemberian
Acuan
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
Peserta didik
dibagi ke dalam beberapa kelompok
Peserta didik
menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati :
Mengamati gambar
dan kisah Adab Terhadap orang tua & Guru
Menanya
Memberikan
komentar dan bertanya seputar gambar dan kisah berbakti pada
orang tua & Guru
Mengeksplorasi:
Menggali
informasti tentang Pengertian, Dalil dan Hikmah Adab Terhadap Guru
dalam kehidupan secara berkelompok
Mencari dan
mencermati kisah/ fenomena tentang adab kepada Guru
Mendemonstrasikan
hasil diskusi kelompok ke depan kelas
Setiap kelompok
mengutus satu perwakilan untuk menjelaskan materi yang sudah
didiskusikan dengan satu kelompoknya
Pendemonstrasian
semua materi oleh kelompok yang dikunjungi di depan kelas
Mengasosiasi:
Menyimpulkan
materi tentang Pengertian, Dalil dan Hikmah Adab Terhadap Guru
Menyusun laporan
tentang contoh/fenomena dan hikmah tetntang berbakti pada orang
tua & Guru
Mengkomunikasikan
Menyerahkan dan
mempresentasikan laporan hasil diskusi
Setiap kelompok
saling menilai hasil/ penampilan kelompok lain dari segi ketepatan
jawaban, banyaknya/ kelengkapan contoh, dan kejujuran
pendapat/tidak menyontek.
|
60
menit
|
Penutup
|
Guru membimbing
peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab
secara klasikal
Guru memberikan
refleksi melalui berbagai cara seperi tanya jawab tentang apa yang
sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran, apa perubahan sikap
yang perlu dilakukan
Guru memberikan
umpan balik atas proses pembelajaran
Guru melakukan
penilaian jawaban tugas aktivitas kelompok peserta didik
Guru menjelaskan
kegiatan minggu berikutnya dan memberikan tugas untuk mencari
materi tentang ..... dari berbagai sumber.
|
10
menit
|
MEDIA, ALAT, dan
SUMBER BELAJAR
Media :
Gambar
4.2 Adab Terhadap orang tua
Gambar
4.2 Adab Terhadap Guru
kisah/contoh
berbakti/durhaka pada orang tua dan guru
Alat :
Laptop
Whiteboard
Kartu nama dan kartu
materi
Sumber :
Al-Qur’an dan
Terjemahnya
Kementerian Agama.
2015. Buku
Siswa Akidah
akhlak. Jakarta
LKS Akidah Akhlak
kelas VIII
Internet
STRATEGI
PEMBELAJARAN
Disscusion
and jig show
Penilaian,
PEMBELAJARAN REMIDIAL DAN PENGAYAAN
Penilaian
Kompetensi Sikap:
Teknik Penilaian :
Observasi
Instrumen
penilaian : (Terlampir)
Pedoman Penskoran :
(Terlampir)
Kompetensi
Pengetahuan:
Teknik Penilaian :
Tes Tulis dan Penugasan
Instrumen
penilaian : (Terlampir)
Pedoman Penskoran :
(Terlampir)
Kompetensi
Keterampilan:
Teknik Penilaian :
Portofolio dan Proyek
Instrumen
penilaian : (Terlampir)
Pedoman Penskoran :
(Terlampir)
Remidial
Pemberian bimbingan
secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang mengalami
kesulitan, jika ada beberapa peserta didik yang tidak mencapai KKM.
Pemberian
tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, baik
dipandu langsung oleh guru atau tutor sebaya oleh kelompok yang
terlebih dahulu mencapai ketuntasan belajar (learning mastery)
yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran.
Pemberian tes ulang
dengan penyederhanaan.
Pengayaan
Pengayaan
dilaksanakan sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian.
Pengayaan dilakukan dengan cara peserta didik diminta mencari
informasi dari berbagai sumber atau diskusi kelompok untuk membahas
materi tambahan tentang Adab Terhadap Orang Tua dan Guru.
Mengetahui,
Sleman, Oktober 2017
Guru Akidah Akhlak
MTsN 4 Sleman Mahasiswa
Praktikan
IRHANUDIN,
S.Ag
MOH. ZAKI
JAMALUDIN
NIP.
NIM. 14410069
Lampiran
:
A.
Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap : Observasi
1. Lembar Pengamatan
Sikap
No
|
Nama
|
Religius
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Toleransi
|
Nilai
|
Predikat
|
||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran:
Skor
|
Deskripsi
|
Predikat
|
4
3
2
1
|
Apabila selalu
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Apabila sering
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Apabila
kadang-kadang menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Apabila
tidak pernah menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
|
SB
(Sangat Baik)
B
(Baik)
C
(Cukup)
K
(Kurang)
|
* Nilai ditentukan
oleh Modus (sikap yang sering muncul) dengan skala nilai 1 sampai 4
dengan predikatnya
2. Jurnal
Pembelajaran
No
|
Nama
Siswa / Kelas
|
Hari
/ Tanggal
|
Pengamatan
|
Deskripsi
Kejadian
|
|
|
|
|
Masalah
:
|
|
|
|
|
Solusi
:
|
|
|
|
|
Masalah
:
|
|
|
|
|
Solusi
:
|
|
|
|
|
Masalah
:
|
|
|
|
|
Solusi
:
|
* Nilai ditentukan
oleh Modus (sikap yang sering muncul) dengan skala nilai 1 sampai 4
dengan predikatnya
B.
Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1.
Tes Tulis : Soal-soal pilihan ganda
dan essay.
Tunjukkan
fenomena yang menunjukkan adab kepada orang tua
Tunjukkan
fenomena yang menunjukkan adab kepada guru
Jelskan
hikmah adab kepada orang tua dan guru
Sebutkan
wujud perbuatan dari adab terhadap orang tua dan guru
Sebutkan
dalil yang menjelaskan adab terhadap orang tua dan guru
2.
Pilihan Ganda
a.
Orang yang wajib kita hormati sebab sudah melahirkan dan membesarkan
kita adalah ...
i.
Guru iii. Pendidik
ii.
orang tua iv. Bapak
Orang
lain yang harus kita hormati selain dari kedua orang tua adalah ...
Bapak
iii. Guru
Ibu
iv. Ibu guru
Hukum
beradab kepada orang tua dan guru adalah ...
Haram iii.
Sunnah
Wajib
iv. Mubah
Salah
satu betuk dari beradab kepada guru adalah ...
Sombong
iii. Dipanggil orang tua menyahut
Disapa
guru iv. Menyapa guru saat
bertmu
Apabila
kita mau beradab kepada orang tua dan guru maka kita akan...
Masuk
surga iii. Masuk neraka
Masuk
rumah iv. Masuk sekolah
Mendapatkan
pahala dari Allah SWT adalah salah satu . . . . dari beradab kepada
Ibu.
Pahala
iii. Hikmah
Anugerah
iv. Siksa
Memberi
senyum dan salam saat bertemu disekolah adalah salah satu adab
kepada...
Bapak
Guru
Ibu
Orang
tua
Menjaga perasaan
orang tua, adalah salah satu . . . kepada orang tua.
Hikmah
iii. Tujuan
Manfaat
iv. Adab
Berkata
jujur dan baik kepada Guru adalah kwajiban bagi setiap ...
Siswa
ii.
Bapak
Anak
iv. Ibu
Format penilaian
“ Penasaran“.
-
NoNama SiswaAspek yang dinilaiNilai
abc
1
2
3
Dst
Aspek
dan rubrik penilaian
-
NoIndikator PenilaianSkor
aFrekuensi dalam bertanyaJika peserta didik bertanya 3 kali atau lebih30
Jika peserta didik bertanya 2 kali20
Jika peserta didik bertanya 1 kali10BKeterkaitan pertanyaan dengan materijika pertanyaan sesuai dengan materi30
jika pertanyaan kurang sesuai dengan materi20
jika pertanyaan tidak sesuai dengan materi10Ckejelasan/bahasa yang digunakan saat bertanyajika bahasa jelas, lugas, dan mudah dipahami30
jika bahasa kurang jelas, kurang lugas, dan kurang mudah dipahami20
jika bahasa tidak jelas,tidak lugas,dan sulit dipahami10Nilai : a + b + c18
Kembangkan
wawasanmu!
|
Kegiatan
1 : Diskusi
Berkelompoklah 5
orang dengan tertib!
Diskusikan
hal-hal berikut dengan saling menghargai pendapat teman!
|
Kegiatan
2 : Diskusi
Berkelompoklah
5-6 orang dengan tertib!
Diskusikan
hal-hal berikut dengan saling menghargai pendapat teman!
|
-
Adab Terhadap GuruNoMasalahHasil Diskusi
Pengertian
Hukum
Dalil-dalil
Contoh adab
Hikmah
-
Refleksi
Renungkan makna
kandungan hadits berikut. Nabi bersabda: “Barang siapa ingin
rizkinya tidak terputus, maka janganlah ia sampai memutus berdoa
untuk kedua orang tuanya”.
Soal-soal
Penalaran
Nabi bersabda bahwa
salah satu dari dosa yang siksanya disegerakan di dunia adalah dosa
durhaka pada orang tua. Mengapa demikian? Jelaskan!
Nabi bersabda
berbakti pada orang tua lebih utama dari pada beribadah haji atau
umrah dan juga jihad fi sabilillah. Mengapa demikian? Kemukakan
alasan-alasan kalian!
C.
Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
1. Portofolio :
Lembar
Penilaian Penyajian (Diskusi) dan Hasil Telaah
Nama/Kelompok :
…………………..
Kelas : …………………..
Materi
Pokok : Adab Terhadap Guru
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
A
|
Penyajian
|
|
|
|
|
|
1
|
Menanya/Menjawab
|
|
|
|
|
|
2
|
Argumentasi
|
|
|
|
|
|
3
|
Presentasi/Penguasaan
Materi
|
|
|
|
|
|
B
|
Hasil
Telaah
|
|
|
|
|
|
1
|
Sistematika
/ kerapian
|
|
|
|
|
|
2
|
Isi /
kedalaman informasi.
|
|
|
|
|
|
3
|
Bahasa
/ kejelasan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|||||
Nilai
|
Komentar
Guru
|
Tanda
Tangan
|
||||
|
|
|
Pedoman
Peskoran :
-
SkorDeskripsiNilai Akhir1234Kurang kompetenCukup kompetenBaikAmat baikTotal Skor *4+4Skor maksimal
2. Proyek :
Lembar
Penilaian Simulasi Skenario Akibat Buruk Sikap Tercela
Nama/Kelompok :
…………………..
Kelas : …………………..
Tema
: Kisah/contoh berbakti/durhaka pada guru dan hikmahnya
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
A
|
Isi
cerita/fenomena
|
|
|
|
|
|
1
|
Ketepatan
isi cerita/ fenomena
|
|
|
|
|
|
2
|
Kedalaman
materi cerita/fenomena
|
|
|
|
|
|
B
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|
1
|
Kepercayaan
diri penampil
|
|
|
|
|
|
2
|
Keruntutan
penyampaian
|
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
dan kelugasan bahasa yang digunakan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|||||
Nilai
|
Komentar
Guru
|
Tanda
Tangan
|
||||
|
|
|
Pedoman
Peskoran :
-
SkorDeskripsiNilai Akhir1234Kurang kompetenCukup kompetenBaikAmat baikskor diperolah *25skor maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar