RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
MTs Negeri 4 Sleman
Kelas/Semester :
VIII/1 (Satu)
Mata Pelajaran :
Fikih
Alokasi Waktu : 2 x
40 menit (1 x Pertemuan)
KOMPETENSI INTI
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaan
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.4.Menghayati
hikmah zakat
2.4 Membiasakan
sikap dermawan sebagai implementasi dari pemahaman tentang zakat.
3.4.Menganalisis
ketentuan pelaksanaan zakat.
4.4.Mendemosnstrasikan
pelaksanaan zakat
|
1.4.1. Merenungi
hikmah zakat.
2.4.1. Mengamalkan
kebiasaan berperilaku dermawan sebagai implementasi dari pemahaman
tentang zakat.
3.4.1. Menyebutkan
pengertian zakat.
3.4.2. Menunjukkan
dalil-dalil tentang zakat.
3.4.3. Menjelaskan
macam-macam zakat.
3.4.4. Mengidentifikasi
harta yang wajib dizakati
3.4.5.
Mengidentifikasi mustahik zakat
3.4.6.
Menjelaskan tujuan zakat
4.4.1.
Mendemonstrasikan tata cara pelaksanaan zakat
.
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta didik
mengetahui maksud dari zakat dan manfaatnya
Peserta didik mampu
menjelaskan maksud dari zakat dan hikmah zakat
Peserta didik dapat
mempraktekkan zakat dan mengamalkan sikap dermawan
Peserta didik dapat
membiasakan diri untuk peduli terhadap lingkungan dan sesama manusia
MATERI
PEMBELAJARAN
Pengertian Zakat
Secara bahasa zakat
berarti tumbuh, berkembang, kesuburan, mensucikan, membersihkan.
Dalil mengenai
zakat, Allah SWT berfirman :
واقيمواالصلاةواتواالزكاةواركعوامع
الراكعين
Artinya : “ dan
dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah besert
orang-orang yang ruku’”, (Qs. Al baqarah: 43)
Menurut syari’ah
adalah kwajiban pada harta tertentu untuk diberikan kepada kelompok
tertentu dalam tertentu.
Fitrah secara bahasa
berarti bersih atau suci. Menurut istilah zakat fitrah adalah
sejumlah harta berupa bahan makanan pokok yang wajib dikeluarkan oleh
setiap muslim menjelang hari raya idul fitri dengan tujuan
membersihkan jiwa dengan syarat tertentu dan rukun tertentu.
Melaksanakan zakat
fitrah hukumnya Fardlhu ‘ain atau wajib atas setiap muslim
dan muslimah.
Rukun zakat fitrah
adalah niat, ada pemberi zakat fitrah (muzakki), ada penerima zakat
fitrah (mustahiq) dan ada barang atau makanan pokok yang dizakatkan.
Syarat wajib zakat
fitrah adalah islam, masih hidup pada waktu terbenam matahari pada
malam hari raya, mempunyai kelebihan makanan baik untuk dirinya
maupun keluarganya, berupa makanan pokok penduduk setempat.
Tujuan utama zakat
fitrah adalah untuk membersihkan diri yang berzakat dan memberi makan
kepada fakir da miskin.
Benda yang digunakan
untuk membayar zakat fitrah adalah bahan makanan pokok daerah
setempat.
Menurut bahasa,
harta adalah segala sesuatu yang diinginkan sekali oleh manusia untuk
dimiliki, menyimpan dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Sedangkan secara syara’ harta adalah segala sesuatu yang dapat
dimiliki dan dikuasai dan dapat digunakan menurut lazimnya dan
kegunaannya.
Golongan mustahiq
zakat adalah fakir, miskin amil, muallaf, sabilillah, dan ibnu sabil.
Sedangkan yang tidak boleh menerima zakat adalah orang kaya, kafir,
orang wajib dinafkahi oleh muzakki, dan budak.
LANGKAH-LANGKAH
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Orientasi
Mengucapkan
salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas.
Apersepsi
Guru mengajukan
pertanyaan secara komunikatif tentang hal-hal yang berkaitan
dengan materi tentang zakat yang akan dipelajari peserta didik.
Motivasi
Peserta didik
diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari materi zakat
Pemberian
Acuan
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran
Peserta didik
dibagi ke dalam beberapa kelompok
Peserta didik
menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati :
Mengamati gambar
dan kisah Adab Terhadap orang tua & Guru
Menanya
Memberikan
komentar dan bertanya seputar gambar dan kisah berbakti pada
orang tua & Guru
Mengeksplorasi:
Menggali
informasti tentang Pengertian, Dalil dan Hikmah Adab Terhadap Guru
dalam kehidupan secara berkelompok
Mendemonstrasikan
hasil diskusi kelompok ke depan kelas
Setiap kelompok
mengutus satu perwakilan untuk menjelaskan materi yang sudah
didiskusikan dengan satu kelompoknya ke kelompok lain
Pendemonstrasian
semua materi oleh kelompok yang dikunjungi di depan kelas
Mengasosiasi:
Menyimpulkan
materi tentang Pengertian, Dalil dan Hikmah Zakat
Menyusun laporan
tentang contoh/fenomena dan hikmah tetntang zakat
Mengkomunikasikan
Menyerahkan dan
mempresentasikan laporan hasil diskusi
Setiap kelompok
saling menilai hasil/ penampilan kelompok lain dari segi ketepatan
jawaban, banyaknya/ kelengkapan contoh, dan kejujuran
pendapat/tidak menyontek.
|
60
menit
|
Penutup
|
Guru membimbing
peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab
secara klasikal
Guru memberikan
refleksi melalui berbagai cara seperi tanya jawab tentang apa yang
sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran, apa perubahan sikap
yang perlu dilakukan
Guru memberikan
umpan balik atas proses pembelajaran
Guru melakukan
penilaian jawaban tugas aktivitas kelompok peserta didik
Guru menjelaskan
kegiatan minggu berikutnya dan memberikan tugas untuk mencari
materi tentang ..... dari berbagai sumber.
|
10
menit
|
MEDIA, ALAT,
SUMBER BELAJAR, dan strategi pembelajaran
Media :
Gambar
4.2 zakat fitrah
Gambar
4.2 zakat mal
Gambar tata cara
zakat
Alat :
Laptop
Whiteboard
Kartu nama dan kartu
materi
Sumber :
Al-Qur’an dan
Terjemahnya
Kementerian Agama.
2015. Buku
Siswa Fikih. Jakarta
LKS
FikihVIII
Internet
Strategi
pembelajaran
Disscusion
and jig show
Penilaian,
PEMBELAJARAN REMIDIAL DAN PENGAYAAN
Penilaian
Kompetensi Sikap:
Teknik Penilaian :
Observasi
Instrumen
penilaian : (Terlampir)
Pedoman Penskoran :
(Terlampir)
Kompetensi
Pengetahuan:
Teknik Penilaian :
Tes Tulis dan Penugasan
Instrumen
penilaian : (Terlampir)
Pedoman Penskoran :
(Terlampir)
Kompetensi
Keterampilan:
Teknik Penilaian :
Portofolio dan Proyek
Instrumen
penilaian : (Terlampir)
Pedoman Penskoran :
(Terlampir)
Remidial
Pemberian bimbingan
secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang mengalami
kesulitan, jika ada beberapa peserta didik yang tidak mencapai KKM.
Pemberian
tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, baik
dipandu langsung oleh guru atau tutor sebaya oleh kelompok yang
terlebih dahulu mencapai ketuntasan belajar (learning mastery)
yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran.
Pemberian tes ulang
dengan penyederhanaan.
Pengayaan
Pengayaan
dilaksanakan sebagai tindak lanjut analisis hasil penilaian.
Pengayaan dilakukan dengan cara peserta didik diminta mencari
informasi dari berbagai sumber atau diskusi kelompok untuk membahas
materi tambahan tentang Zakat.
Mengetahui,
Sleman, Oktober 2017
Guru Akidah Akhlak
MTsN 4 Sleman Mahasiswa
Praktikan
Erni
Andaryati, S.Ag
MOH.
ZAKI JAMALUDIN
NIP.
NIM. 14410069
Lampiran
:
A.
Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap : Observasi
1. Lembar Pengamatan
Sikap
No
|
Nama
|
Religius
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Toleransi
|
Nilai
|
Predikat
|
||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Penskoran:
Skor
|
Deskripsi
|
Predikat
|
4
3
2
1
|
Apabila selalu
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Apabila sering
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Apabila
kadang-kadang menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Apabila
tidak pernah menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
|
SB
(Sangat Baik)
B
(Baik)
C
(Cukup)
K
(Kurang)
|
* Nilai ditentukan
oleh Modus (sikap yang sering muncul) dengan skala nilai 1 sampai 4
dengan predikatnya
2. Jurnal
Pembelajaran
No
|
Nama
Siswa / Kelas
|
Hari
/ Tanggal
|
Pengamatan
|
Deskripsi
Kejadian
|
|
|
|
|
Masalah
:
|
|
|
|
|
Solusi
:
|
|
|
|
|
Masalah
:
|
|
|
|
|
Solusi
:
|
|
|
|
|
Masalah
:
|
|
|
|
|
Solusi
:
|
* Nilai ditentukan
oleh Modus (sikap yang sering muncul) dengan skala nilai 1 sampai 4
dengan predikatnya
B.
Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1.
Tes Tulis : Soal-soal pilihan ganda
dan essay.
Penjelasan
zakat dan tujuannya
Tata
cara pelaksanaan zakat
Hikmah
zakat dalam kehidupan sehari-hari
Manfaat
zakat bagi muzakki
Waktu
pelaksanaan zakan dan ukurannya
Format penilaian
“ Penasaran“.
-
NoNama SiswaAspek yang dinilaiNilai
abc
1
2
3
Dst
Aspek
dan rubrik penilaian
-
NoIndikator PenilaianSkor
aFrekuensi dalam bertanyaJika peserta didik bertanya 3 kali atau lebih30
Jika peserta didik bertanya 2 kali20
Jika peserta didik bertanya 1 kali10BKeterkaitan pertanyaan dengan materijika pertanyaan sesuai dengan materi30
jika pertanyaan kurang sesuai dengan materi20
jika pertanyaan tidak sesuai dengan materi10Ckejelasan/bahasa yang digunakan saat bertanyajika bahasa jelas, lugas, dan mudah dipahami30
jika bahasa kurang jelas, kurang lugas, dan kurang mudah dipahami20
jika bahasa tidak jelas,tidak lugas,dan sulit dipahami10Nilai : a + b + c18
Kembangkan
wawasanmu!
|
Kegiatan
1 : Diskusi
Berkelompoklah 5
orang dengan tertib!
Diskusikan
hal-hal berikut dengan saling menghargai pendapat teman!
|
Kegiatan
2 : Diskusi
Berkelompoklah
5-6 orang dengan tertib!
Diskusikan
hal-hal berikut dengan saling menghargai pendapat teman!
|
-
Adab Terhadap GuruNoMasalahHasil Diskusi
Pengertian
Hukum
Dalil-dalil
Tata cara
Hikmah
-
Refleksi
Renungkan makna
kandungan hadits berikut. Nabi bersabda: “Barang siapa ingin
rizkinya tidak terputus, maka janganlah ia sampai memutus berdoa
untuk kedua orang tuanya”.
Soal-soal
Penalaran
Nabi bersabda bahwa
salah satu dari dosa yang siksanya disegerakan di dunia adalah dosa
durhaka pada orang tua. Mengapa demikian? Jelaskan!
Nabi bersabda
berbakti pada orang tua lebih utama dari pada beribadah haji atau
umrah dan juga jihad fi sabilillah. Mengapa demikian? Kemukakan
alasan-alasan kalian!
C.
Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan
1. Portofolio :
Lembar
Penilaian Penyajian (Diskusi) dan Hasil Telaah
Nama/Kelompok :
…………………..
Kelas : …………………..
Materi
Pokok : Adab Terhadap Guru
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
A
|
Penyajian
|
|
|
|
|
|
1
|
Menanya/Menjawab
|
|
|
|
|
|
2
|
Argumentasi
|
|
|
|
|
|
3
|
Presentasi/Penguasaan
Materi
|
|
|
|
|
|
B
|
Hasil
Telaah
|
|
|
|
|
|
1
|
Sistematika
/ kerapian
|
|
|
|
|
|
2
|
Isi /
kedalaman informasi.
|
|
|
|
|
|
3
|
Bahasa
/ kejelasan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|||||
Nilai
|
Komentar
Guru
|
Tanda
Tangan
|
||||
|
|
|
Pedoman
Peskoran :
-
SkorDeskripsiNilai Akhir1234Kurang kompetenCukup kompetenBaikAmat baikTotal Skor *4+4Skor maksimal
2. Proyek :
Lembar
Penilaian Simulasi Skenario Akibat Buruk Sikap Tercela
Nama/Kelompok :
…………………..
Kelas : …………………..
Tema
: Kisah/contoh berbakti/durhaka pada guru dan hikmahnya
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
A
|
Isi
cerita/fenomena
|
|
|
|
|
|
1
|
Ketepatan
isi cerita/ fenomena
|
|
|
|
|
|
2
|
Kedalaman
materi cerita/fenomena
|
|
|
|
|
|
B
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|
1
|
Kepercayaan
diri penampil
|
|
|
|
|
|
2
|
Keruntutan
penyampaian
|
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
dan kelugasan bahasa yang digunakan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|||||
Nilai
|
Komentar
Guru
|
Tanda
Tangan
|
||||
|
|
|
Pedoman
Peskoran :
-
SkorDeskripsiNilai Akhir1234Kurang kompetenCukup kompetenBaikAmat baikskor diperolah *25skor maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar