Sabtu, 25 November 2017

RPPskiMTS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : MTs Negeri 4 Sleman
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : VII/I
Materi Pokok : Pola Dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah
AlokasiWaktu : 2 x 40 menit

  1. Kompetensi Inti
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

  1. Kompetensi Dasar
1.1 Meyakini misi dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
2.2 Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Madinah.
2.4 Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad saw sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
3.3 Memahami pola dakwah Nabi Muhammad SAW di madinah
3.4 Menganalisis pola dakwah Nabi Muhammad SAW di madinah.

  1. Indikator Pencapaian
  1. Menyadari pentingnya dakwah Nabi Muhammad saw sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
2.2.1 Mencontoh keteladanan Nabi Muhammad saw saat berdakwah.
2.4.1 Meneladani nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad saw sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
3.2.1 Memahami pola dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah.
3.2.2 Menganalisis pola dakwah Nabi Muhammad SAW.

  1. Tujuan Pembelajaran
  1. Peserta didik dapat memahami maksud dari pola dakwah Nabi Muhammad SAW.
  2. Daapat menganalisa pola dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah
  3. Menjelaskan keterkaitan misi Nabi Muhammad SAW di Madinah denga perkembagan dakwah sekarang.

  1. Materi Pembelajaran
  1. Pengertian Pola Dakwah
Pola dakwah adalah suatu tata cara yang digunakan untuk melaksanakan suatu perbuatan dakwah, baik secara individu atau kelompok, sehingga pola sangat diperlukan oleh seorang pendakwah sebelum melaksanakan dakwahnya tersebut. Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah tahun 622 M. Kehadiran Nabi dan umat islam di Madinah sebagai tanda dari zaman baru bagi perjalanan dakwah islam. Di Madinah kaum muslimin tidak banyak mendapat gangguan dari kaum quraisy, karena mereka mendapat perlindungan dari penduduk Madinah yang muslim. Dengan penerimaannya tersebut, maka Nabi memberi gelar kepada kaum muslimin yang asli Madinah dengan sebutan kaum Ansor yakni kelompok yang menjadi penolong, dan kaum muslimin yang datang dari Makkah disebut dengan kaum Muhajirin.
  1. Strategi prioritas utama Nabi Muhammad SAW dalam membangun Masyarakat baru ;
  • Membangun Masjid
  • Mempersaudarakan kaum Muslimin
  • Perjanjian dengan masyarakat Yahudi Madinah
  1. Metode Dakwah Nabi Muhammad SAW dalam Membangun Perekonomian Madinah
  • Mempersaudarakan kaum muhajirin adan ansor
  • Menempatkan orang-orang fakir miskin yang tidak punya tempat tinggal, di Masjid
  • Bekerjasama dengan kaum ansor untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi kaum muhajirin
  • Nabi Muhammad SAW menganjurkan bagi kaum Muajirin yang mempunyai ketrampilan berdagang sebagai modal awal dagang
  • Bagi kaum muhajirin yang tidak ada modal, Nabi menganjurkan untuk jadi petani.
  • Setelah menerima perintah zakat, pembinaan perekonomian umat islam lebih mendapat perhatian, sebab Nabi SAW mempererat jalinan pemberi zakat dan penerima zakat.

  1. Faktor Pendukung Kesuksesan Dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah
Faktor-faktor pendkungnya dapat dilihat dari khutbah pertamanya yang diucapkan di Madinah, sambil bersandar pada batang pohon kurma yang dijadikan penopang atap masjid; “barang siapa yang bisa melindungi mukanya dari api neraka sekalipun hanya dengan sebutir kurma, lakukanlah itu. Kalau itupun tidak ada maka dengan kata-kata yang baik. Sebab itu kebaikan itu akan mendapat balasan sepuluh kali lipat”.
Ajaran nabi tersebut memberikan suatu makna agar memelihara diri dari api neraka walaupun dengan sebutir kurma atau perkataan yang baik. Perkataan yang baik bisa menjadi salh satu modal pemeliharaan persaudaraan dilengkapi anjuran untuk saling mncintai, semuanya itu dilandasi oleh keimanan kepada Allah SWT.
  1. Pendekatan, Metode dan Strategi Pembelajaran
  1. Pendekatan : Saintifik
  2. Metode : Ceramah dan tanya jawab
  3. Strategi : Jigshow

  1. Alat, Media dan Sumber Belajar
  1. Alat : Spidol
  2. Media : Papan tulis, lcd, laptop, animasi materi.
  3. Sumber belajar: Buku Guru Sejarah Kebudayaan Islam untuk MTs Kelas VII dan Buku Siswa; Sejarah Kebudayaan Islam unutk MTs Kelas VII.








  1. Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Siswa menjawab salam dari guru.
  • Siswa berdoa bersama sesuai dengan arah guru
  • Siswa diperiksa kehadiran oleh guru.
  • Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang materi sebelumnya, yaitu tentang kondisi masyarakat Madinah sebelum datangnya Islam dan sebab-sebab Nabi hijrah.
  • Sebelum melanjutkan pembelajaran, siswa mendengarkan tujuan pembelajaran dari guru tentang “Hijrah nabi Muhammad saw ke Madinah”.
  • Siswa mendengarkan tentang apa yang akan dilakukan saat pembelajaran dan penilaian yang akan diambil oleh guru (sikap, spiritual dan pengetahuan)
Kegiatan Inti (60 menit)
Mengamati
  • Siswa mengamati materi tentang pola dakwah nabi di Madinah yang ada di buku pegangan.
  • Siswa mendengarkan uraian guru tentang pengertian pola dakwah
  • Siswa bergantian membacakan isi buku sesuai dengan arahan guru.
Menanya
  • Siswa mengajukan beberapa pertanyaan kepada guru tentang materi yang belum dipahami.
Mencoba/mengumpulkan informasi/eksperimen/mengeksplor
  • Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok berjumlah empat orang. Tiap kelompok mendapatkan tugas untuk menbaca dan mengumpulkan informasi tentang materi yang dibaca.
  • Menalar/mengasosiasi
  • Secara berkelompok siswa berdiskusi tentang materi yang ditugaskan.
Mengkomunikasikan
  • Tiap kelompok membacakan hasil diskusinya sesuai dengan arahan guru.
  • Siswa mendengarkan pelurusan dari guru terhadap hasil diskusi yang kurang tepat.
  • Tiap siswa diberi kesempatan untuk menanyakan materi pembelajaran yang belum dipahami.
Kegiatan Akhir (10 menit)
  • Siswa diberi lembar evaluasi untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
  • Secara bersama siswa dan guru membahas lembar evaluasi yang telah dikerjakan siswa.
  • Secara bersama siswa dan guru menyusun kesimpulan pembelajaran.
  • Secara bersama siswa dan guru mengidentifikasi nilai-nilai positif yang diperoleh dari materi pembelajaran.
  • Siswa mendengarkan umpan balik yang diberikan oleh guru atas proses pembelajaran.
  • Siswa mendengarkan umpan balik dari guru atas hasil pembelajaran.
  • Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi pelajaran pada pertemuan berikutnya.

  1. Evaluasi: Essay
  1. Kapan Nabi hijrah ke madinah ?
  2. Apa alasan Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah
  3. Bagaimana pola dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah?
  4. Apa strategi dan metode dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah dalam mengembangka perekonomian ?
  5. Faktor Apa yang mempengaruhi keberhasilan dakwah Nabi Muhammad SAW di Madinah ?

  1. Penilaian Hasil Pembelajaran
  1. Penilaian Spiritual
  1. Format Penilaian
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Menjawab Salam
Berdo’a
Menjaga Ketertiban
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.













2.













3.













dst














b. Rubrik penilaian:
1) Menjawab salam
a) jika Peserta didik belum menjawab salam, skor 1
b) jika Peserta didik sudah menjawab salam tapi tidak semangat, skor 2
c) jika Peserta didik sudah menjawab salam dengan lengkap , skor 3
d) jika Peserta didik sudah menjawab salam dengan semangat, skor 4
2) Berdoa
a) jika Peserta didik belum ikut berdoa, skor 1
b) jika Peserta didik berdoa tapi tidak semangat, skor 2
c) jika Peserta didik berdoa dengan lengkap, skor 3
d) jika Peserta didik berdoa dengan khidmat, skor 4
3) Menjaga ketertiban
a) jika Peserta didik belum menjaga ketertiban, skor 1
b) jika Peserta didik mulai menjaga ketertiban, skor 2
c) jika Peserta didik sudah menjaga ketertiban, skor 3
d) jika Peserta didik menjaga ketertiban selama pembelajaran, skor 4

  1. Pedoman Pen-skoran
Nilai
=
Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh
x
100
Jumlah Skor maksimal




  1. Penilaian Sikap
  1. Format Penilaian

No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Partisipasi
Kerjasama
Keaktifan
Toleransi
1.





2.





3.





dst





  1. Rubrik penilaian:
  1. Kerjasama
  1. jika Peserta didik belum memperlihatkan kerjasamanya, skor 1
  2. jika Peserta didik mulai memperlihatkan kerjasamanya, skor 2
  3. jika Peserta didik mulai berkembang kerjasamanya, skor 3
  4. jika Peserta didik mulai membudayakan kerjasamanya, skor 4
  1. Keaktifan.
    1. jika Peserta didik belum memperlihatkan keaktifan, skor 1
    2. jika Peserta didik mulai memperlihatkan keaktifan, skor 2
    3. jika Peserta didik mulai berkembang keaktifan, skor 3
    4. jika Peserta didik mulai keaktifan, skor 4
  1. Partisipasi
    1. jika Peserta didik belum memperlihatkan partisipasi, skor 1
    2. jika Peserta didik mulai memperlihatkan partisipasi, skor 2
    3. jika Peserta didik mulai berkembang partisipasi, skor 3
    4. jika Peserta didik mulai partisipasi, skor 4
  1. Inisiatif
    1. jika Peserta didik belum memperlihatkan inisiatif, skor 1
    2. jika Peserta didik mulai memperlihatkan inisiatif, skor 2
    3. jika Peserta didik mulai berkembang inisiatif, skor 3
    4. jika Peserta didik mulai membudayakan inisiatif, skor 4

  1. Pedoman Pen-skoran

Nilai
=
Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh
x
100
Jumlah Skor maksimal


  1. Penilaian Pengetahuan
    1. Format soal
      1. Jelaskan pengertian hijrah menurut bahasa!
      2. Sebutkan nama kota Madinah sebelum kedatangan Nabi Muhammad!
      3. Jelaskan pengertian hijrah makaniyah!
      4. Sebutkan macam-macam hijrah maknawiyah!
      5. Sebutkan berapa kali hijrah ke Habasyah dilakukan!

  1. Kunci jawaban
      1. Hijrah menurut bahasa adalah meninggalkan, menjauhkan diri dan berpindah tempat.
      2. Yatsrib.
      3. Hijrah makaniyah adalah meninggalkan suatu tempat.
      4. Macam-macam hijrah maknawiyah:
a) Hijrah i’tiqadiyah
b) Hijrah fikriyah
c) Hijrah syu’uriyyah
d) Hijrah sulukiyyah
      1. Dua kali.

  1. Rubrik penilaian:
No. Soal
Rubrik Penilaian
Skor
1
  1. Jika Peserta didik dapat menjawab dengan benar, skor 2
  2. Jika peserta didik menjawab namun kurang lengkap, skor 1
  3. Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
2
2
  1. Jika Peserta didik dapat menjawab dengan tepat, skor 2
  2. Jika peserta didik menjawab namun kurang tepat, skor 1
  3. Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
2
3
  1. Jika Peserta didik dapat menjawab dengan benar, skor 2
  2. Jika peserta didik menjawab namun kurang lengkap, skor 1
  3. Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
2
4
  1. Jika Peserta didik dapat menjawab dengan lengkap, skor 2
  2. Jika peserta didik menjawab namun kurang lengkap, skor 1
  3. Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
2
5
  1. Jika Peserta didik dapat menjawab dengan tepat, skor 2
  2. Jika peserta didik menjawab namun kurang tepat, skor 1
  3. Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
2


Jumlah Skor
10

c.Pedoman pen-skoran
Nilai = jumlah skor x 10


Mengetahui,
Guru Pembimbing



Astuti Kusumawati, S. Hum.
NIP. 19760915 200710 2 004

Yogyakarta, 7 November 2017
Praktikan



Moh. Zaki Jamaludin
NIM. 14410069





Tidak ada komentar:

Posting Komentar