RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Mata Pelajaran : PAI |
Kelas/Semester : XI / I Alokasi Waktu :
3 x 45 menit |
KD : 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 1 |
||
Materi |
: |
Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9:
105 |
||
A, TUJUAN
B, LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar penilaian Ø
LCD
Proyektor/ Slide
presentasi (ppt) |
Alat/Bahan
: Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
& infocus |
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam, berdoa,
menyanyikan lagu nasional ( PPK) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan
memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi
Model-
model jenis cara membaca indah Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan
Q.S. at- Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Model-model jenis cara membaca indah Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105
sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Model-model jenis cara membaca indah Q.S.
an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at- Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi
yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah
dipelajari terkait Model-model jenis
cara membaca indah
Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105
sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf
Peserta didik kemudian
diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik merefleksikan
pengalaman belajar ·
Guru memberikan penilaian lisan secara acak
dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Mata Pelajaran : PAI |
Kelas/Semester : XI / I Alokasi Waktu :
3 x 45 menit |
KD : 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 2 |
||
Materi |
: |
Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9:
105 |
||
A, TUJUAN
B, LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar penilaian Ø
LCD
Proyektor/ Slide
presentasi (ppt) |
Alat/Bahan
: Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
& infocus |
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam, berdoa,
menyanyikan lagu nasional ( PPK) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan
memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Makna
isi Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S.
al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan
makhrajul huruf; dengan menggunakan ICT |
Critical
Thinking |
Guru
memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Makna
isi Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al- Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105
sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf; dengan menggunakan ICT |
|
Collaboration |
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan
informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Makna
isi Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105
sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf; dengan menggunakan ICT |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu
secara klasikal, mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh
kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal
yang telah dipelajari terkait Makna isi Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S.
al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan
makhrajul huruf; dengan menggunakan ICT Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan
kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik merefleksikan
pengalaman belajar ·
Guru memberikan penilaian lisan secara acak
dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Mata Pelajaran : PAI |
Kelas/Semester : XI / I Alokasi Waktu :
3 x 45 menit |
KD : 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 3 |
||
Materi |
: |
Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9:
105 |
||
A, TUJUAN
B, LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar penilaian Ø
LCD
Proyektor/ Slide
presentasi (ppt) |
Alat/Bahan
: Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
& infocus |
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam, berdoa,
menyanyikan lagu nasional ( PPK) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan
memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi
Makna
hadis yang berkaitan dengan taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja |
Critical Thinking |
Guru
memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Makna
hadis yang berkaitan dengan taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja |
|
Collaboration |
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan
informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Makna
hadis yang berkaitan dengan taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara
klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian
ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah
dipelajari terkait Makna hadis yang berkaitan
dengan taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja Peserta didik kemudian
diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik merefleksikan
pengalaman belajar ·
Guru memberikan penilaian lisan secara acak
dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK Mata Pelajaran : PAI |
Kelas/Semester : XI / I Alokasi Waktu :
3 x 45 menit |
KD : 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 4 |
||
Materi |
: |
Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S.
an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9:
105 |
||
A, TUJUAN
B, LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa) Ø Lembar penilaian Ø
LCD
Proyektor/ Slide
presentasi (ppt) |
Alat/Bahan
: Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop
& infocus |
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam, berdoa,
menyanyikan lagu nasional ( PPK) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan
memberi motivasi (yel-yel/ice breaking) ·
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar cakupan
materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi
Asbabunnuzul,
hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an- Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait |
Critical
Thinking |
Guru
memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Asbabunnuzul,
hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4:
59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait |
|
Collaboration |
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan
informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Asbabunnuzul,
hikmah dan manfaat yang terkandung pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an-Nisa/4:
59; dan Q.S. at Taubah /9: 105 serta hadis terkait |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu
secara klasikal, mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh
kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah
dipelajari terkait Asbabunnuzul, hikmah dan manfaat yang
terkandung pada Q.S. al Maidah/5: 48;Q.S. an- Nisa/4: 59; dan Q.S. at Taubah
/9: 105 serta hadis terkait Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang
belum dipahami |
|
PENUTUP |
·
Guru bersama peserta didik merefleksikan
pengalaman belajar ·
Guru memberikan penilaian lisan secara acak
dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya dan berdoa |
C, PENILAIAN
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian
Skala Sikap
Berilah tanda
“centang” (√) yang sesuai dengan kebiasaan kamu terhadap pernyataan-pernyataan
yang tersedia!
No |
Pernyataan |
Kebiasaan |
|||
Selalu |
Sering |
Jarang |
Tidak Pernah |
||
Skor 4 |
Skor 3 |
Skor 2 |
Skor 1 |
||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
Nilai akhir = Jumlah skor yang diperoleh peserta didik×
100 skor tertinggi 4
2.
Penilaian “Membaca dengan Tartil”
Rubrik Pengamatannya sebagai berikut:
No. |
Nama Peserta
Didik |
Aspek yang dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
T |
TT |
R |
P |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai : 1. Kelancaran Skor
25 → 100
2. Artinya Skor 25 → 100
3. Isi Skor 25 → 100
4. Dan lain-lain Skor dikembangkan Skor maksimal…. 100
Rubrik penilaiannya adalah:
1)
Kelancaran
a) Jika
peserta didik dapat membaca sangat lancar, skor 100.
b)
Jika peserta didik dapat membaca lancar, skor 75.
c) Jika
peserta didik dapat membaca tidak lancar dan
kurang sempurna, skor 50.
d)
Jika peserta didik tidak dapat membaca , skor 25
2)
Arti
a)
Jika peserta didik dapat mengartikan dengan
benar, skor 100.
b) Jika
peserta didik dapat mengartikan dengan benar dan kurang sempurna, skor 75.
c)
Jika peserta didik tidak benar mengartikan, skor 50.
d)
Jika peserta didik tidak dapat mengartikan,
skor 25.
3)
Isi
a)
Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan
benar, skor 100.
b) Jika
peserta didik dapat menjelaskan dengan mendekati benar, skor 75.
c)
Jika peserta didik dapat menjelaskan dengan
tidak benar, skor 50.
d) Jika
peserta didik tidak dapat menjelaskan, skor
25.
4)
Dan Lain-lain
Guru dapat mengembangkan skor tersebut jika ditemui
kriteria penilaian lain berdasarkan bentuk perilaku peserta didik pada situasi
dan kondisi yang berkembang
3. Penilaian Diskusi
Peserta didik berdiskusi tentang memahami makna .
Aspek dan rubrik penilaian:
1)
Kejelasan dan ke dalaman informasi
(a)
Jika kelompok tersebut dapat memberikan
kejelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan
sempurna, skor 100.
(b) Jika
kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 75.
(c) Jika
kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan ke dalaman informasi kurang
lengkap, skor 50.
(d)
Jika kelompok tersebut tidak dapat memberikan
penjelasan dan ke dalaman informasi,
skor 25.
Contoh Tabel:
No. |
Nama Peserta didik |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||
Kejelasan dan Kedalaman Informasi |
T |
TT |
R |
R |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
2) Keaktifan
dalam diskusi
(a) Jika
kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 100.
(b)
Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam
diskusi, skor 75.
(c)
Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam
diskusi, skor 50.
(d)
Jika kelompok tersebut tidak aktif dalam
diskusi, skor 25. Contoh Tabel:
No. |
Nama Peserta didik |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||
Keaktifan dalam Diskusi |
T |
TT |
R |
R |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
3)
Kejelasan dan kerapian presentasi/ resume
(a)
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan/resume dengan sangat
jelas dan rapi, skor 100.
(b)
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan/resume dengan jelas
dan rapi, skor 75.
(c)
Jika kelompok tersebut dapat
mempresentasikan/resume dengan sangat
jelas dan kurang rapi, skor 50.
(d) Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan/resume dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor
25. Contoh Tabel:
No. |
Nama Peserta didik |
Aspek yang Dinilai |
Jumlah Skor |
Nilai |
Ketuntasan |
Tindak Lanjut |
||
Kejelasan dan Kerapian Presentasi |
T |
TT |
R |
R |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi (belum
mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru. Guru melakukan
penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas individu
terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada waktu dan
hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar, apabila masih
ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
Sekolah : ........................
Kelas/Semester : ........................
Mat Pelajaran : ........................
Ulangan Harian Ke : ........................
Tanggal Ulangan Harian : ........................
Bentuk Ulangan Harian : ........................
Materi Ulangan Harian : ........................
(KD/Indikator : ........................
KKM : ........................
No |
Nama Peserta Didik |
Nilai Ulangan |
Indikator yang Belum Dikuasai |
Bentuk Tindakan Remedial |
Nilai Setelah Remedial |
Ket. |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
dst, |
|
|
|
|
|
|
5.
Pengayaan
Dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik yang
sudah menguasai materi sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta untuk
soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan
inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Dalam
kegiatan ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta
didik yang berhasil dalam pengayaan.
6.
Interaksi Guru
dengan Orang Tua
Interaksi guru dengan orang
tua perlu dilakukan, salah satunya adalah,
guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “Membaca dengan Tartil” dalam
buku teks peserta didik kepada orang tuanya
dengan memberikan komentar dan
paraf.
Dapat
juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua tentang perubahan
perilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau
berkomunikasi langsung, dengan pernyataan tertulis atau lewat telepon tentang perkembangan kemampuan terkait dengan materi.
Tegal, 11 Juni 2021
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Hj. Siti Fatimah, S.Pd.I
Moh.
Zaki Jamaludin, S.Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar