RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
……………...
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VIII/2
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
Standar Kompetensi : 9. Memahami isi berita dari radio/televisi
Kompetensi Dasar :
9.2. Mengemukakan kembali berita yang didengar/ditonton
melalui
radio/televisi
I. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran ini, siswa mampu
- Pertemuan Pertama:
o
Mendengarkan rekaman berita dari
radio/TV
o
Menganalisis pokok-pokok berita yang didengar
o
Mendiskusikan penulisan berita
dengan urutan pokok-pokok berita yang bervariasi
- Pertemuan Kedua :
o
Menulis satu teks berita
o
Menyunting teks berita tulisan sendiri atau
teman
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
II. Materi Ajar
Cara mengemukakan kembali berita dan implementasinya
III. Metode
Pembelajaran
– Contoh –
Diskusi
– Tanya jawab
– Penugasan
– Latihan
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal
Pertemuan Pertama :
§ Apersepsi :
F Bertanya jawab tentang
tema ”Ekonomi”
F Membuka kembali ingatan
siswa tentang kegiatan mendengarkan berita
§ Memotivasi :
F Menyampaikan kembali isi
berita tersebut
B. Kegiatan
Inti•
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F memfasilitasi peserta
didik dapat Mendengarkan pembacaan teks berita ”Dana Nasabah Bank Global Hari
Ini Dicairkan” yang akan dibacakan oleh salah satu teman
F Tiap anak membuat dua
pertanyaan pada kertas, kemudian dikocok
F Siswa mengambil dua
gulungan kertas tersebut, dan menjawab pertanyaannya
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
A. Kegiatan
Awal
Pertemuan Kedua :
§ Apersepsi :
F Bertanya jawab tentang
tema ”Lingkungan”
F Membuka kembali ingatan
siswa tentang kegiatan mendengarkan berita
dan cara
menemukan pokok-pokok berita
§ Memotivasi :
F cara Mengemukakan kembali
berita yang didengar/ditonton melalui radio/
televisi.
B. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
F memfasilitasi peserta
didik dapat membacakan teks berita
”Tanaman Guttapercha Terancam Punah” dengan memerhatikan intonasi, artikulasi,
dan ekspresi
F Menyampaikan kembali isi
berita tersebut
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Menyimpulkan cara Mengemukakan
kembali berita yang didengar/ditonton melalui radio/ televisi.
V.
Sumber/Bahan/Alat
Berita dari
radio/televisi/rekaman yang diperdengarkan
Teks berita
dari majalah/surat kabar yang dibacakan
Buku pelajaran
bahasa dan sastra Indonesia.
VI. Penilaian
§ Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu
menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
· Mampu
merangkai pokok-pokok berita secara
bervasiasi menjadi teks berita
· Mampu
menyunting berita yang ditulis
|
Tes tulis
Tes praktik/
kinerja
|
Uraian
Uji petik kerja
|
§ Tulis
pokok-pokok berita dengan singkat!
§ Tulislah
teks berita dengan cara merangkai
secara bervariasi pokok-pokok berita!
§ Suntinglah
teks beritamu dan berita temanmu!
|
Bentuk
tes: lisan dan tertulis
No
|
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Nilai
|
1
|
1. Keberanian
mengungkapkan kembali isi berita
a. Berani (3)
b. Kurang berani
(2)
c. Tidak berani (1)
|
5
|
|
2
|
2. Menjawab
pertanyaan tentang teks
a. Semua benar
(3)
b. Sebagian besar
benar (2)
c. Sebagian besar
salah (1)
|
5
|
|
3
|
3. Menggunakan
penghubung yang
a. Tepat (3)
b. Kurang tepat
(2)
c. Tidak tepat
(1)
|
5
|
|
Keterangan
Skor
maksimum 3 (3 × 5) = 45
Nilai
akhir : Skor yang diperoleh
X 100
Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.
(_______________________)
NIP / NIK : ..........................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar