Minggu, 25 Maret 2018

rpp ski new

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan             :MTs Negeri 4 Sleman
Mata Pelajaran                   : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester                 : VII/I
Materi Pokok                      :Hijrah Nabi Muhammad saw ke Madinah
AlokasiWaktu                     :2 x 40 menit

I.              Kompetensi Inti
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

II.           Kompetensi Dasar
1.1 Meyakini misi dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
2.2 Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Madinah.
2.4 Menghargai nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad saw sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
3.2  Memahami misi Nabi Muhammad saw sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.

III.        Indikator Pencapaian
1.1.1   Menyadari pentingnya dakwah Nabi Muhammad saw sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
2.2.1 Mencontoh keteladanan Nabi Muhammad saw saat berhijrah.
2.4.1 Meneladani nilai-nilai dari misi Nabi Muhammad saw sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
3.2.1 Menjelaskan pengertian hijrah secara bahasa dan istilah.
3.2.2 Menjelaskan macam-macam hijrah makaniyah dan maknawiyah.

IV.        Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan metode ceramah dan tanya jawab (interactive lecturing) peserta didik dapat menjelaskan pengertian hijrah.
2.      Dengan menggunakan strategi membaca keras-keras peserta didik dapat menjelaskan macam-macam hijrahmakaniyah.
3.      Dengan menggunakan strategi The Power of Four peserta didik dapat menjelaskan macam-macam hijrah maknawiyah.

V.           Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Hijrah
Hijrah menurut bahasa berarti meninggalkan, menjauhkan diri dan berpindah tempat. Menurut istilah, hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. bersama para sahabat beliau dari Mekkah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah dan dakwah.
2.      Macam-macam Hijrah
a.       Hijrah Makaniyah
Hijrah Makaniyah yaitu meninggalkan suatu tempat. Selama masa kenabian, peristiwa Hijrah Makaniyah telah terjadi tiga kali, yaitu:
1)      Hijrah ke Habasya
Hijrah ke Habasya sebagai hijrah pertama adalah Hijrah yang dilakukan oleh sebagian sahabat Nabi Saw. Hijrah Habasyah terjadi 2 kali. Nabi Muhammad tidak ikut serta hijrah ke Habasyah.
2)      Hijrah ke Thaif
Hijrah ke Thaif sebagai hijrah kedua adalah hijrah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw.
3)      Hijrah ke Madinah (Yatsrib)
Hijrah yang ketiga adalah hijrah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. dan para Sahabatnya. Rasulullah Saw mengubah nama Yatsrib menjadi Madinah. Hijrah ini dilakukan pada tahun ke-13 kenabian (622 M).
b.      Hijrah Maknawiyah
Hijrah Maknawiyah dibedakan menjadi empat macam yaitu:
1)      Hijrah I’tiqadiyah yaitu hijrah keyakinan.
2)      Hijrah Fikriyah
Fikriyah artinya pemikiran. Hijrah fikriyah dilakukan dalam rangka meninggalkan pemikiran-pemikiran yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.
3)      Hijrah Syu’uriyyah
Syu’uriyah atau cita rasa, kesenangan dan kesukaan. Hijrah Syu’uriyyah dilakukan ketika hati manusia cenderung kepada kesenangan yang tidak sesuai Islam.
4)      Hijrah Sulukiyyah.
Suluk berarti tingkah laku atau kepribadian atau biasa disebut juga akhlaq. Hijrah Sulukiyah dilakukan ketika akhlak yang tercela berkembang dan menyebar di lingkungan sekitar.

VI.        Pendekatan, Metode dan Strategi Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Saintifik
2.      Metode            : Ceramah dan tanya jawab
3.      Strategi            : membaca keras-keras dan The Power of Four

VII.     Alat, Media dan Sumber Belajar
  1. Alat                 : Spidol
  2. Media              : Papan tulis dan HVS
3.      Sumber belajar:Buku Guru Sejarah Kebudayaan Islam untuk MTs Kelas VII dan Buku Siswa; Sejarah Kebudayaan Islam unutk MTs Kelas VII.

VIII.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pendahuluan (15 menit)
ü  Siswa menjawab salam dari guru.
ü  Siswa berdoa bersama sesuai dengan arah guru
ü  Siswa diperiksa kehadiran oleh guru.
ü  Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang materi sebelumnya, yaitu tentang kondisi masyarakat Madinah sebelum datangnya Islam dan sebab-sebab Nabi hijrah.
ü  Sebelum melanjutkan pembelajaran, siswa mendengarkan tujuan pembelajaran dari guru tentang “Hijrah nabi Muhammad saw ke Madinah”.
ü  Siswa mendengarkan tentang apa yang akan dilakukan saat pembelajaran dan penilaian yang akan diambil oleh guru (sikap, spiritual dan pengetahuan)
Kegiatan Inti (35 menit)
Mengamati
ü  Siswa mengamati materi tentang hijrah nabi yang ada di buku pegangan.
ü  Siswa mendengarkan uraian guru tentang pengertian hijrah.
ü  Siswa bergantian membacakan isi buku sesuai dengan arahan guru.
Menanya
ü  Siswa mengajukan beberapa pertanyaan kepada guru tentang materi yang belum dipahami.
Mencoba/mengumpulkan informasi/eksperimen/mengeksplor
ü  Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok berjumlah empat orang. Tiap kelompok mendapatkan tugas untuk menbaca dan mengumpulkan informasi tentang materi yang dibaca. Misal: kelompok pertama mendapatkan tugas untuk membaca tentang hijrah fikriyah, maka kelompok tersebut mencari contoh tentang hijrah fikriyah.
Menalar/mengasosiasi
ü  Secara berkelompok siswa berdiskusi tentang materi yang ditugaskan.
Mengkomunikasikan
ü  Tiap kelompok membacakan hasil diskusinya sesuai dengan arahan guru.
ü  Siswa mendengarkan pelurusan dari guru terhadap hasil diskusi yang kurang tepat.
ü  Tiap siswa diberi kesempatan untuk menanyakan materi pembelajaran yang belum dipahami.
Kegiatan Akhir (30 menit)
ü  Siswa diberi lembar evaluasi untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
ü  Secara bersama siswa dan guru membahas lembar evaluasi yang telah dikerjakan siswa.
ü  Secara bersama siswa dan guru menyusun kesimpulan pembelajaran.
ü  Secara bersama siswa dan guru mengidentifikasi nilai-nilai positif yang diperoleh dari materi pembelajaran.
ü  Siswa mendengarkan umpan balik yang diberikan oleh guru atas proses pembelajaran.
ü  Siswa mendengarkan umpan balik dari guru atas hasil pembelajaran.
ü  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi pelajaran pada pertemuan berikutnya.

IX.             Penilaian Hasil Pembelajaran
1.      Penilaian Spiritual
a.       Format Penilaian
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Menjawab Salam
Berdo’a
Menjaga Ketertiban
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.













2.













3.













dst














b.   Rubrik penilaian:
1)   Menjawab salam
a) jika Peserta didik belum menjawab salam, skor 1
b) jika Peserta didik sudah menjawab salam tapi tidak semangat, skor 2
c) jika Peserta didik sudah menjawab salam dengan lengkap , skor 3
d) jika Peserta didik sudah menjawab salam dengan semangat, skor 4
2)   Berdoa
a) jika Peserta didik belum ikut berdoa, skor 1
b) jika Peserta didik berdoa tapi tidak semangat, skor 2
c) jika Peserta didik berdoa dengan lengkap, skor 3
d) jika Peserta didik berdoa dengan khidmat, skor  4
3)   Menjaga ketertiban
a) jika Peserta didik belum menjaga ketertiban, skor 1
b) jika Peserta didik mulai menjaga ketertiban, skor 2
c) jika Peserta didik sudah menjaga ketertiban, skor 3
d) jika Peserta didik menjaga ketertiban selama pembelajaran, skor 4 

c.       Pedoman Pen-skoran
Nilai
=
Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh
x
100
Jumlah Skor maksimal

2.      Penilaian Sikap
a.       Format Penilaian
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Partisipasi
Kerjasama
Keaktifan
Inisiatif
1.





2.





3.





dst





b.      Rubrik penilaian:
1)   Kerjasama
a)      jika Peserta didik belum memperlihatkan kerjasamanya, skor 1
b)      jika Peserta didik mulai memperlihatkan kerjasamanya, skor 2
c)      jika Peserta didik mulai berkembang  kerjasamanya, skor 3
d)     jika Peserta didik mulai membudayakan  kerjasamanya, skor 4
2)      Keaktifan.
a)      jika Peserta didik belum memperlihatkan keaktifan, skor 1
b)      jika Peserta didik mulai memperlihatkan keaktifan, skor 2
c)      jika Peserta didik mulai berkembang  keaktifan, skor 3
d)     jika Peserta didik mulai keaktifan, skor  4
3)      Partisipasi
a)      jika Peserta didik belum memperlihatkan partisipasi, skor 1
b)      jika Peserta didik mulai memperlihatkan partisipasi, skor 2
c)      jika Peserta didik mulai berkembang  partisipasi, skor 3
d)     jika Peserta didik mulai partisipasi, skor 4
4)      Inisiatif
a)      jika Peserta didik belum memperlihatkan inisiatif, skor 1
b)      jika Peserta didik mulai memperlihatkan inisiatif, skor 2
c)      jika Peserta didik mulai berkembang  inisiatif, skor 3
d)     jika Peserta didik mulai membudayakan  inisiatif, skor 4

c.       Pedoman Pen-skoran

Nilai
=
Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh
x
100
Jumlah Skor maksimal


2.      Penilaian Pengetahuan
a.       Format soal
1)   Jelaskan pengertian hijrah menurut bahasa!
2)   Sebutkan nama kota Madinah sebelum kedatangan Nabi Muhammad!
3)   Jelaskan pengertian hijrah makaniyah!
4)   Sebutkan macam-macam hijrah maknawiyah!
5)   Sebutkan berapa kali hijrah ke Habasyah dilakukan!

b.      Kunci jawaban
1)      Hijrah menurut bahasa adalah meninggalkan, menjauhkan diri dan berpindah tempat.
2)      Yatsrib.
3)      Hijrah makaniyah adalah meninggalkan suatu tempat.
4)      Macam-macam hijrah maknawiyah:
a) Hijrah i’tiqadiyah
b) Hijrah fikriyah
c) Hijrah syu’uriyyah
d) Hijrah sulukiyyah
5)      Dua kali.

c.       Rubrik penilaian:
No. Soal
Rubrik Penilaian
Skor
1
a.       Jika Peserta didik dapat menjawab dengan benar, skor 2
b.      Jika peserta didik menjawab namun kurang lengkap, skor 1
c.       Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
2
2
a.       Jika Peserta didik dapat menjawab dengan tepat, skor 2
b.      Jika peserta didik menjawab namun kurang tepat, skor 1
c.       Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
2
3
a.       Jika Peserta didik dapat menjawab dengan benar, skor 2
b.      Jika peserta didik menjawab namun kurang lengkap, skor 1
c.       Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
2
4
a.       Jika Peserta didik dapat menjawab dengan lengkap, skor 2
b.      Jika peserta didik menjawab namun kurang lengkap, skor 1
c.       Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
2
5
a.       Jika Peserta didik dapat menjawab dengan tepat, skor 2
b.      Jika peserta didik menjawab namun kurang tepat, skor 1
c.       Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
2

Jumlah Skor
10

c.Pedoman pen-skoran
Nilai = jumlah skor x 10


Mengetahui,
Guru Pembimbing



Astuti Kusumawati, S. Hum.
NIP. 19760915 200710 2 004

Yogyakarta, 25 Oktober 2017
Praktikan



Moh. Zaki Jamaludin
NIM. 14410069



Tidak ada komentar:

Posting Komentar