RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :MTs Negeri 4
Sleman
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas /
Semester :
VII/I
Materi Pokok :Hijrah Nabi Muhammad saw
ke Madinah
AlokasiWaktu :2 x 40 menit
I.
Kompetensi Inti
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI-2 : Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah
dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
II.
Kompetensi
Dasar
1.1 Meyakini misi dakwah
Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
2.2 Merespon keteladanan
perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Madinah.
2.4 Menghargai nilai-nilai
dari misi Nabi Muhammad saw sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa
kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
3.2 Memahami misi Nabi Muhammad saw sebagai rahmat
bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
III.
Indikator
Pencapaian
1.1.1 Menyadari pentingnya dakwah Nabi Muhammad saw
sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat.
2.2.1 Mencontoh
keteladanan Nabi Muhammad saw saat berhijrah.
2.4.1 Meneladani nilai-nilai dari misi Nabi
Muhammad saw sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
3.2.1
Menjelaskan pengertian hijrah secara bahasa dan istilah.
3.2.2 Menjelaskan macam-macam hijrah makaniyah
dan maknawiyah.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan metode ceramah dan tanya jawab (interactive
lecturing) peserta didik dapat menjelaskan pengertian hijrah.
2. Dengan menggunakan strategi membaca
keras-keras peserta didik dapat menjelaskan macam-macam hijrahmakaniyah.
3. Dengan menggunakan strategi The Power of
Four peserta didik dapat menjelaskan macam-macam hijrah maknawiyah.
V.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian Hijrah
Hijrah menurut bahasa berarti meninggalkan, menjauhkan diri dan berpindah
tempat. Menurut istilah, hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh
Nabi Muhammad Saw. bersama para sahabat beliau dari Mekkah ke Madinah, dengan
tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah dan dakwah.
2.
Macam-macam Hijrah
a.
Hijrah Makaniyah
Hijrah Makaniyah yaitu meninggalkan suatu tempat. Selama masa kenabian,
peristiwa Hijrah Makaniyah telah terjadi tiga kali, yaitu:
1)
Hijrah ke Habasya
Hijrah ke Habasya sebagai hijrah pertama adalah Hijrah yang dilakukan
oleh sebagian sahabat Nabi Saw. Hijrah Habasyah terjadi 2 kali. Nabi Muhammad
tidak ikut serta hijrah ke Habasyah.
2)
Hijrah ke Thaif
Hijrah ke Thaif sebagai hijrah kedua adalah hijrah yang dilakukan oleh
Nabi Muhammad Saw.
3)
Hijrah ke Madinah (Yatsrib)
Hijrah yang ketiga adalah hijrah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw.
dan para Sahabatnya. Rasulullah Saw mengubah nama Yatsrib menjadi Madinah. Hijrah
ini dilakukan pada tahun ke-13 kenabian (622 M).
b.
Hijrah Maknawiyah
Hijrah Maknawiyah dibedakan menjadi empat macam yaitu:
1)
Hijrah I’tiqadiyah yaitu hijrah keyakinan.
2)
Hijrah Fikriyah
Fikriyah artinya pemikiran. Hijrah fikriyah dilakukan dalam rangka
meninggalkan pemikiran-pemikiran yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.
3)
Hijrah Syu’uriyyah
Syu’uriyah atau cita rasa, kesenangan dan kesukaan. Hijrah Syu’uriyyah
dilakukan ketika hati manusia cenderung kepada kesenangan yang tidak sesuai
Islam.
4)
Hijrah Sulukiyyah.
Suluk berarti tingkah laku atau kepribadian atau biasa disebut juga akhlaq.
Hijrah Sulukiyah dilakukan ketika akhlak yang tercela berkembang dan menyebar
di lingkungan sekitar.
VI.
Pendekatan,
Metode dan Strategi Pembelajaran
1. Pendekatan :
Saintifik
2. Metode :
Ceramah dan tanya jawab
3. Strategi :
membaca keras-keras dan The Power of Four
VII.
Alat, Media dan
Sumber Belajar
- Alat : Spidol
- Media : Papan tulis dan HVS
3.
Sumber belajar:Buku Guru
Sejarah Kebudayaan Islam untuk MTs Kelas VII dan Buku Siswa; Sejarah Kebudayaan
Islam unutk MTs Kelas VII.
VIII.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
(15 menit)
|
ü Siswa menjawab salam dari guru.
ü Siswa berdoa bersama sesuai dengan arah guru
ü Siswa diperiksa kehadiran oleh guru.
ü Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang materi sebelumnya,
yaitu tentang kondisi masyarakat Madinah sebelum datangnya Islam dan
sebab-sebab Nabi hijrah.
ü Sebelum
melanjutkan pembelajaran, siswa mendengarkan tujuan pembelajaran dari guru tentang “Hijrah nabi Muhammad saw ke
Madinah”.
ü Siswa
mendengarkan tentang apa yang akan dilakukan saat pembelajaran dan penilaian
yang akan diambil oleh guru (sikap, spiritual dan pengetahuan)
|
Kegiatan
Inti (35 menit)
|
Mengamati
ü Siswa mengamati materi tentang hijrah nabi yang ada di buku
pegangan.
ü Siswa mendengarkan uraian guru tentang pengertian hijrah.
ü Siswa bergantian membacakan isi buku sesuai dengan arahan guru.
Menanya
ü Siswa mengajukan beberapa pertanyaan kepada guru tentang materi
yang belum dipahami.
Mencoba/mengumpulkan
informasi/eksperimen/mengeksplor
ü Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok berjumlah empat orang.
Tiap kelompok mendapatkan tugas untuk menbaca dan mengumpulkan informasi
tentang materi yang dibaca. Misal: kelompok pertama mendapatkan tugas untuk
membaca tentang hijrah fikriyah, maka kelompok tersebut mencari contoh
tentang hijrah fikriyah.
Menalar/mengasosiasi
ü Secara berkelompok siswa berdiskusi tentang materi yang ditugaskan.
|
Mengkomunikasikan
ü Tiap kelompok membacakan hasil diskusinya sesuai dengan arahan
guru.
ü Siswa mendengarkan pelurusan dari guru terhadap hasil diskusi
yang kurang tepat.
ü Tiap siswa diberi kesempatan untuk menanyakan materi
pembelajaran yang belum dipahami.
|
Kegiatan
Akhir (30 menit)
|
ü Siswa diberi lembar evaluasi untuk mengevaluasi sejauh mana
pemahaman siswa tentang materi pembelajaran.
ü Secara bersama siswa dan guru membahas lembar evaluasi yang
telah dikerjakan siswa.
ü Secara bersama siswa dan guru menyusun kesimpulan pembelajaran.
ü Secara bersama siswa dan guru mengidentifikasi nilai-nilai
positif yang diperoleh dari materi pembelajaran.
ü Siswa mendengarkan umpan balik yang diberikan oleh guru atas
proses pembelajaran.
ü Siswa mendengarkan umpan balik dari guru atas hasil
pembelajaran.
ü Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang materi pelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
IX.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Penilaian Spiritual
a.
Format Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
|||||||||||
Menjawab Salam
|
Berdo’a
|
Menjaga Ketertiban
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Rubrik
penilaian:
1) Menjawab
salam
a) jika Peserta didik belum menjawab salam,
skor 1
b) jika Peserta didik sudah menjawab salam tapi
tidak semangat, skor 2
c) jika Peserta didik sudah menjawab salam
dengan lengkap , skor 3
d) jika Peserta didik sudah menjawab salam
dengan semangat, skor 4
2) Berdoa
a) jika Peserta didik belum ikut berdoa, skor 1
b) jika Peserta didik berdoa tapi tidak
semangat, skor 2
c) jika Peserta didik berdoa dengan lengkap,
skor 3
d) jika Peserta didik berdoa dengan khidmat,
skor 4
3) Menjaga
ketertiban
a) jika Peserta didik belum menjaga ketertiban,
skor 1
b) jika Peserta didik mulai menjaga ketertiban,
skor 2
c) jika Peserta didik sudah menjaga ketertiban,
skor 3
d) jika Peserta didik menjaga ketertiban selama
pembelajaran, skor 4
c.
Pedoman Pen-skoran
Nilai
|
=
|
Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh
|
x
|
100
|
Jumlah Skor maksimal
|
2.
Penilaian Sikap
a.
Format Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
|||
Partisipasi
|
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Inisiatif
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
b. Rubrik
penilaian:
1)
Kerjasama
a) jika Peserta
didik belum memperlihatkan kerjasamanya, skor 1
b) jika Peserta
didik mulai memperlihatkan kerjasamanya, skor 2
c) jika Peserta
didik mulai berkembang kerjasamanya,
skor 3
d) jika Peserta
didik mulai membudayakan kerjasamanya,
skor 4
2) Keaktifan.
a) jika Peserta
didik belum memperlihatkan keaktifan, skor 1
b) jika Peserta
didik mulai memperlihatkan keaktifan, skor 2
c) jika Peserta
didik mulai berkembang keaktifan, skor 3
d) jika Peserta
didik mulai keaktifan, skor 4
3) Partisipasi
a) jika Peserta
didik belum memperlihatkan partisipasi, skor 1
b) jika Peserta
didik mulai memperlihatkan partisipasi, skor 2
c) jika Peserta
didik mulai berkembang partisipasi, skor
3
d) jika Peserta
didik mulai partisipasi, skor 4
4) Inisiatif
a) jika Peserta
didik belum memperlihatkan inisiatif, skor 1
b) jika Peserta didik
mulai memperlihatkan inisiatif, skor 2
c) jika Peserta
didik mulai berkembang inisiatif, skor 3
d) jika Peserta
didik mulai membudayakan inisiatif, skor
4
c. Pedoman Pen-skoran
Nilai
|
=
|
Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh
|
x
|
100
|
Jumlah Skor maksimal
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a.
Format soal
1)
Jelaskan pengertian hijrah menurut bahasa!
2)
Sebutkan nama kota Madinah sebelum kedatangan Nabi Muhammad!
3)
Jelaskan pengertian hijrah makaniyah!
4)
Sebutkan macam-macam hijrah maknawiyah!
5)
Sebutkan berapa kali hijrah ke Habasyah dilakukan!
b.
Kunci jawaban
1)
Hijrah menurut bahasa adalah meninggalkan, menjauhkan diri dan
berpindah tempat.
2)
Yatsrib.
3)
Hijrah makaniyah adalah meninggalkan suatu tempat.
4)
Macam-macam hijrah maknawiyah:
a) Hijrah
i’tiqadiyah
b) Hijrah
fikriyah
c) Hijrah
syu’uriyyah
d) Hijrah
sulukiyyah
5)
Dua kali.
c.
Rubrik penilaian:
No. Soal
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
1
|
a.
Jika Peserta didik dapat menjawab dengan benar, skor 2
b.
Jika peserta didik menjawab namun kurang lengkap, skor 1
c.
Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
|
2
|
2
|
a.
Jika Peserta didik dapat menjawab dengan tepat, skor 2
b.
Jika peserta didik menjawab namun kurang tepat, skor 1
c.
Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
|
2
|
3
|
a.
Jika Peserta didik dapat menjawab dengan benar, skor 2
b.
Jika peserta didik menjawab namun kurang lengkap, skor 1
c.
Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
|
2
|
4
|
a.
Jika Peserta didik dapat menjawab dengan lengkap, skor 2
b.
Jika peserta didik menjawab namun kurang lengkap, skor 1
c.
Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
|
2
|
5
|
a.
Jika Peserta didik dapat menjawab dengan tepat, skor 2
b.
Jika peserta didik menjawab namun kurang tepat, skor 1
c.
Jika Peserta didik menjawab tapi tidak benar, skor 0,5
|
2
|
|
Jumlah Skor
|
10
|
c.Pedoman pen-skoran
Nilai = jumlah skor x 10
Mengetahui,
Guru Pembimbing
Astuti Kusumawati, S. Hum.
NIP. 19760915 200710 2 004
|
Yogyakarta, 25 Oktober 2017
Praktikan
Moh. Zaki Jamaludin
NIM. 14410069
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar