Jumat, 30 Desember 2016

sp ski Anis Hanifah

Kecerdasan eksistensial

  1. Nama strategi : mengambil makna
  2. Filosofi : siswa dibiasakan untuk berfikir mendalam tentang makna kejadian-kejadian yang mereka jumpai
  3. Karakter yang dibiasakan : mandiri, berfikir kritis, teliti
  4. Materi yang relevan : peristiwa pengangkatan Ali bin Abi Thalib dan konflik yang terjadi
  5. Langkah-langkah :
  1. Guru mengarahkan siswa untuk membaca bahan materi
  2. Perintahkan siswa untuk mencari makna dari peristiwa yag telah mereka baca, mengapa hal itu terjadi ?, apa hikmah dari kejadian tersebut ?, dan lain sebagainya.
  3. Setelah itu perintahkan siswa untuk menyimpulkan bagaimana mengimplementasikan nilai/makna dari peristiwa tadi kedalam kehidupan sehari-hari , misalnya dari hikmah kejadian tersebut dapat di ambil pelajaran demikian, maka kita dapat mengimpelentasikan pelajaran tersebut pada kejadian atau masalah tertentu yang kita alami.
  4. Perintahkan siswa untuk mengemukakan hasil pemikiran mereka tadi di depan sisw lain, setelah itu guru member komentar dan kesimpulan
  1. Alat dan bahan : buku materi ajar

Logik- Matematic

  1. Namas trategi : Puzzel orang.
  2. Filosofi : untuk membuat siswa lebih teliti dan cakap jugatepat.
  3. Karakter yang dibiasakan : - kekompakan, kecepatan dan ketelitian.
  4. Materi yang relevan : priodisasi masa khulafaur-rasyidin, dinasti abasyah, dinastiumayah (pemerintahanislam)
  5. Langkha-langkah :
1. Guru membagikan kertas yang bertuliskan masa periodesasi pemerintahan(tahunnya).
2. Perintahkan siswa untuk mencari teman satu kelompok, misal kelompok periode khulafaurrrasyidin atau dinasti umayah atau abasyiah dengan mengurutkan sesuai taun yang mereka pegang masing-masing kelompok membentuk barisan sesuai urutan.
3. Siswa juga mengetahui khalifah yang memimpin pada masa atau tahun yang mereka pegang.
4. Masing-masing kelompok berlomba dalam menyusun dan melengkapi kelompoknya.
5. Setelah selesai beri pujian untuk kelompok yang pertama tersusun.
6.Untuk kelompok terakhir berikan tugas untuk bagaimana merealisasikan nilai/hikmah yang didapat sesuai kelompok yang mereka dapat dalam kehidupan sehari-hari, misal: yang kalah kelompok bani umayah. Hikmah nilai yang didapat dari salah satu peristiwa/kejadian yang ada dalam pemerintahan dinasti umayah direalisasikan dengan kehidupan sehari-hari.
7. Setelah itu perintahkan siswa kelompok yang kalah untuk mempresentasikan tugas mereka pada teman yang lain dan siswa yang lain menanggapi dan membericontoh lain.

Kecerdasan Intrapersonal
  1. Nama strategi : If you become…
  2. Filosofi : siswa dibiasakan menghayal, maksudnya memikirkan jika mereka menjadi misal khalifah apa yang akan mereka lakukan dengan masyarakatnya, sesai dengan kemampuannya.
  3. Karakter yang dibiasakan : memecahkan masalah, mandiri, belajar mengenal dan Menganalisi skemampuan sendiri.
  4. Materi yang relevan : permaslahan yang dihadapi Abu Bakar As-shidiq
  5. Langkah-langkah :
  1. Setelah pembukaan dan masuk pelajaran inti, perintahkan siswa untuk membuat penyelesaian masalah jika mereka menjadi pemimpin negara.
  2. Apa yang akan kalian lakukan jika kalian menjadi presiden untuk menyelesaikan/menanggapi kasus Ahok dan demonstrasi yang dilakukan kaum muslimin, dikaitkan dengan pemerintahan Abu bakar As-shidiq.
  3. Siswa menuliskannya diselembar kertas.
  4. Kemudian tunjuk salah satu siswa untuk mengemukakaan hayalannya tersebut.
Kecerdasan interpersonal
  1. Nama strategi : solve problem with discussion
  2. Filosofi : mennamkan pada diri siswa sikap mandiri, kuat, sehingga mampu menyelesaikan masalah dan saling membantu
  3. Materi SKI yang relevan :
  1. Masalah kepemimpinan khulafaurrasyidin contoh : memerangi nabi palsu, kaum murtad,
  2. Masalah penyebaran dakwah rasulullah
  1. Karakter yang dibiasakan :
  1. Siswa dapat berfikir kritis dan aktif dengan menyelesaikan/mendiskusikan masalah tertentu
  2. Menumbuhkan jiwa gotong royong
  3. Kompak
  4. Berani, memiliki mental, percaya diri
  5. Saling menghargai
  1. Langkah-langkah :
  1. Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok yang tediri dari 4 sampai 5 orang
  2. Berilah mereka isu-isu atau kasus actual yang berhubungan dengan materi
Misalnya : permasalahan kepemimpinan abu bakar, tentang pemberontakan kaum murtad dan kaum kafir. Dikaitkan dengan isu actual yang sedang terjadi misal kasus ahok dan demonstrasi kaum muslim.
  1. Instruksikan kepada siswa untuk memberikan pendapat tentang kasus itu dikaitkan dengan materi pokok
  2. Siswa berdiskusi memecahkan masalah tersebut saling berargumen dan member masukan
  3. Setelah dirasa cukup kemudian setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
  4. Guru member tanggapan dan menarik kesimpulan
  1. Alat/bahan : materi pokok (buku pelajaran)
Hand out isu actual
Kecerdasan linguistik
  1. Nama strategi : public speacking
  2. Filosofi : siswa memiliki keahlian berbica di depan publik dengan
menggunakan bahasa yang baik dan benar
  1. Materi yang relevan : penyebaran islam di nusantara
  2. Karakter yang dibiasakan : berani
Mahir berbicara di hadapan banyak orang
  1. Langkah-langkah :
  1. Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran bahwa sisw di perintahkan untuk membaca materi memahami dan mengingatnya dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari
  2. Setelah itu perwakilan dari beberapa siswa untuk menjelaskannya kembali di depan siswa lain dengan bahasa mereka sendiri
  3. Guru member komentar dan menarik kesimpulan
  1. Alat/bahan : buku pelajaran
Kecerdasan kinestetik
  1. nama strategi : maikan peran
  2. filososfi : siswa bisa ahli dalam memainkan peran
  3. materi yang relefan : kisah hijrah nabi ke madinah
  4. karakter yang dibiasakan : ulet, percaya diri, cakap, cepatt
  5. langkah-langkah :
  1. guru menginstruksikan siswa untuk membaca kisah hijrah nabi ke madinah, yang dihalangi oleh kaum quraisy
  2. bagilah menjadi beberapa kelompok, yang terdiri atas 7-8 anggota,
masing-masing mendapatkan peran untuk mempraktekan atau menampilkan drama singkat tentang mteri
  1. beri kesempatan siswa untuk berdiskusi dan berlatih untuk penampilan mereka
  2. setelah itu, berikan kesempatan pada masing-masing kelompok untuk memainkan kreasinya di depan kelompok lain kemudian pada akhir penampilan siswa memberikan hikmah atau pelajaran yang di dapat dari kegiatan tersebut yang
  3. dapat digunakan di masa sekarang.
  1. Alat/bahan : materi buku pelajaran
Kecerdasan music
  1. Nama strategi : menjadi musisi
  2. Filosofi : menjadikan siswa berkreatifitas dalam hal musik, bahwa belajar dapat menjadi menyenangkan salah satunya adalah dengan music
  3. Materi yang relevan : penyebaran islam di nusantara
  4. Karakter yang dibiasakan : kreativ, percaya diri
  5. Langjah-langkah :
  1. Guru dan siswa mempelajari materi, guru menjelaskan tentang cara penyebaran islam di nusantara, kapan pertama kali masuk, dan lain sebagainya
  2. Untuk lebih mudah mengingat materi guru memberikan perintah untuk menuliskan syair / membuat syair lagu dari materi yang tadi dipelajari di sertai musik. Bisa mengaransemen lagu, atau menggunakan lagu yang sudah ada namun syair di ganti sesuai materi
  3. Kemudian selanjutnya, beri kesempatan siswa untuk menapilkan hasil kreativitasnya di depan siswa lain
  1. Alat/bahan : buku pelajaran


Kecerdasan naturalis
  1. Nama strategi : go back and think what we do now
  2. Filosofi : mengambil hikmah dari kejadian masa lalu dengan melihat sekeliling alam sekitar
  3. Materi yang relevan : islam masa penjajahan, dengan islam masa kini
  4. Karakter yang dibiasakan : mampu merenung , mengambil pelajaran, bijaksana
  5. Langkah-langkah :
  1. Guru menjelaskan tentang materi, sisw menyimak dan membaca materi pada buku.
  2. Guru menginstruksikan kepada siswa untuk merenungkan materi, kejadian-kejadian, atau peristiwa yang terdapat dalam materi untuk dibandingkan dengan peristiwa saat ini, kemudian bagaimana dan apa yng harus kita lakukan berdasarkan materi pada kehidupan saat ini. Guru member kesempatan siswa merenungkan hal tersebut diluar kelas, di tempat yang nyaman di taman sekolah atau di manapun. Dengan dibatasi waktu
  3. Seterlah selesai, hasil renungan siswa di bacakan di depan kelas kemudian ditanggapi, dan disimpulkan oleh guru dan siswa lain
  1. Alat/bahan : buku pelajaran, kertas, alam bebas


Kecerdasan visual-spasial
  1. Nama strategi : wach and remember
  2. Filosofi : siswa dibiasakan untuk mengingat sesuatu yang mereka lihat
  3. Materi yang relevan : dinasti abasyiyah
  4. Karakter yang dibiasakan : mengingat, cakap, ketepatan, percaya diri
  5. Langkah –langkah :
  1. Guru menjelaskan materi dengan menggunakan peta konsep yang ditampilkan melalui lcd atau di buat di papan tulis
  2. Setelah selesai menjelaskan berikan siswa selembar kertas manila atau kartoon, kemudian perintahkan untuk membuat peta konsep yang tadi telah disampaikan oleh guru, bisa sama persis atau ditambahkan dengan keasi siswa sendiri seindah indahnya
  3. Perintahkan siswa unuk mengaitkan materi tersebut dengan isu actual yang sedang terjadi. Nilai dan hikmah yang dapa di ambil dari materi tersebut untuk dapat kita gunakan di kehidupan sehari hari
  4. Setelah itu peta konsep yang telah di buat ditempel sementara di dinding sekeliling kelas untuk di pamerkan, kemudian guru menilai mana yang paling bagus, indah dan lengkap
  5. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang memiliki nilai tertinggi.
Disertai kesimpulan ahir pembelajaran

  1. Alat/bahan : bahan ajar (buku pelajaran), lcd/papan tulis, kertas manila/kartoon, spidol, pewarna dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar