Senin, 01 Oktober 2018

Prinsip Multikultural


Prinsip-prinsip Pendidikan Multikultural

Terdapat tiga prinsip pendidikan multikultural yang dikemukakan oleh Tilaar, antara lain sebagai berikut:

1. Pendidikan multikultural didasar pada pedagogik kesetaraan manusia (equity pedagogy).
2. Pendidikan multikultural ditujukan kepada terwujudnya manusia Indonesia yang cerdas dan mengembangkan pribadi-pribadi Indonesia yang menguasai ilmu pengetahuan dengan sebaik-baiknya.
3. Prinsip globalisasi tidak perlu ditakuti apabila bangsa ini arah serta nilai-nilai baik dan buruk yang dibawanya.

Ketiga prinsip pendidikan multikultural yang dikemukakan Tilaar tersebut diatas sudah dapat menggambarkan bahwa arah dari wawasan multikulturalisme adalah menciptakan manusia yang terbuka terhadap segala macam perkembangan zaman dan keragaman berbagai aspek dalam kehidupan modern.

Adapun prinsip–prinsip pendidikan multikultural yaitu:

(a) pemilihan materi pelajaran harus terbuka secara budaya didasarkan pada siswa. Keterbukaan ini harus menyatukan opini–opini yang berlawanan dan interprestasi– interprestasi yang berbeda.
(b) isi materi pelajaran yang dipilih harus mengandung perbedaan dan persamaan dalam lintas Kelompok.
(c) materi pelajaran yang dipilih harus sesuai dengan konteks waktu dan tempat.
(d) pengajaran semua pelajaran harus menggambarkan dan dibangun berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dibawa siswa ke kelas.
(e) Pendidikan hendaknya memuat model belajar mengajar yang interaktif agar supaya mudah dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar