Sabtu, 11 April 2020

Bahasa Arab Pelajaran 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )



Nama Madrasah            : MI Plus RMB Bekasi

Mata Pelajaran              : Bahasa Arab

Kelas/Semester              : III-B,C,D,E,F / Genap

Materi Pokok               : حالةالحديقة

Alokasi Waktu              : 2 x 30  Menit (1 Kali Pertemuan)



A.       Kompetensi Dasar Dan Indikator

1.      Meresapi makna anugerah Allah SWT  berupa bahasa arab

2.      Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui bahasa dalam berinteraksi dengan keluarga, tetangga, teman, dan guru

3.      Membedakan huruf hijaiyyah yang ada dalam mufrodat حالةالحديقة

4.      Menunjukkan anggota keluarga menggunakan bahada arab

5.      Melafalkan kata mufrodat dalam tema حالةالحديقة

6.      Istima’ tentang حالةالحديقة



B.        Tujuan Pembelajaran

1.      Menyebutkan lafal dan arti mufrodat tentang حالةالحديقة

2.      Menerjemahkan dan Menjelaskan arti bacaan tentang  حالةالحديقة dengan benar

3.      Menuliskan mufrodat tentang حالةالحديقة dengan benar .



C.       Materi Pembelajaran



زهرة النرجس
زهرة التوليب
زهرة ديزي
زهرةالورد
زهرة ياسمين
زهرة الزنبق





D.       Metode Pembelajaran

Konserfatif dan Demonstrasi



E.        Alat Dan Media Pembelajaran

1.      Buku Paket Bahasa Arab

2.      Card Sor

 

F.        Langkah-langkah Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
Orientasi
a.       Guru melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan peserta didik menjawab salam dengan rasa hormat dan santun.
b.      Guru dan peserta didik bersama-sama membaca do’a  untuk  memulai pembelajaran. Menumbuhkan sikap religius.
c.       Guru memeriksa kehadiran peserta didik, kemudian peserta didik mengangkat tangan dan menjawab hadirah.
d.      Peserta didik menyebutkan peserta didik yang tidak hadir. Menumbuhkan sikap jujur.
e.       Guru menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran dengan menanyakan kesiapan dan mengkondisikan peserta didik duduk di tempat duduknya masing-masing.
Apersepsi
a.       Guru menanyakan tadrib tema pelajaran  dan membahasnya bersama peserta didik untuk mengingatkan materi yang telah dipelajari sebelumnya.
b.      Peserta didik menjawab dengan penuh antusias.
Motivasi
a.       Guru memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
b.      Guru menyampaikan dan peserta didik menyimak tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
Pemberian Acuan
a.       Guru memberitahukan dan peserta didik menyimak materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
b.      Peserta didik menyimak dengan penuh rasa ingin tahu dan antusias yang disampaikan oleh guru tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung.
c.       Guru menjelaskan garis besar cakupan materi dan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan sebuah permasalahan atau tugas sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dan peserta didik menyimak dengan penuh tanggung jawab.
15 menit
2.
Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik حالةالحديقة
dengan cara :
a.      Mengamati
ü  Melihat
Ø  Peserta didik memperhatikan materi pelajaran tentang حالةالحديقة
ü  Menyimak
Ø  Guru: اسمعي جيدا!  Dengarkan baik-baik!
Ø  Guru menerangkan materi حالةالحديقة dan peserta didik mendengarkan sambil melihat materi pelajaran berikut ini dengan penuh rasa ingin tahu
ü  Membaca
Ø  Guru membaca contoh kalimat demi kalimat pada buku dan mencarikan contoh lain kemudian diulangi oleh semua peserta didik dengan penuh antusias.
Peserta didik diminta membaca materi berikut ini:   (lampiran 2)
b.      Menanya
ü  Peserta didik menanyakan mufrodat dari contoh kalimat pada buku yang belum dipahami dengan penuh rasa ingin tahu.
ü  Peserta didik mengajukan beberapa pertanyaan kepada guru mengenai tarkib tentang حالةالحديقة yang belum dipahami dengan penuh antusias.
ü  Guru memperlihatkan sebuah contoh di papantulis berisi kalimat yang mengandung حالةالحديقة kemudian menunjuk semua peserta didik untuk mengulanginya.
c.         Mencoba/mengumpulkan informasi/eksperimen
ü  Guru menggunakan soal di buku pelajaran meminta siswa mengerjakannya
ü  Setelah setiap peserta didik berhasil mengerjakan semuanya kemudian dikoreksi bersama atau dikumpulkan untukk di nilai
d.      Mengasosiasi
ü  Guru menyuruh masing-masing peserta didik untuk membenarkan jawaban yang salah.
Reinforcement/Penguatan
1.      Selama proses KBM guru melakukan pengamatan dan penilaian terhadap semua aktivitas peserta didik.
2.      Siswa menyelesaikan evaluasi yang diberikan guru dengan teliti.
3.      Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan substansi pembelajaran dengan memberikan reward tertentu bagi peserta didik yang mampu memberikan kesimpulan dengan runtut dan utuh.
4.      Guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap kesimpulan yang telah diberikan oleh peserta didik.
20 menit
3.
Penutup
ü  Guru mengajak peserta didik mengucapkan mufrodat حالةالحديقة
ü  Guru memberi tugas kepada peserta didik mengerjakan evaluasi
ü  Guru bersama-sama dengan peserta didik menutup pelajaran dengan membaca hamdalah/doa (religius).
ü  Guru mengucapkan salam kepada peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam dengan santun.
5 menit



G.       Penilaian

1.      Penilaian Performansi

2.      Penilaian Sikap

3.      Penilaian Aspek Pengetahuan



1.      Penilaian Performansi

    (Melengkapi, menyusun dan menulis kalimat sederhana sesuai struktur kalimat yang benar dan tepat)

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
1
Ketepatan melengkapi kalimat dengan kata/ungkapan
1 – 4
a. Sesuai dan tepat
4
b. Cukup sesuai dan cukup tepat
3
c. Kurang sesuai dan kurang tepat
2
d. Tidak sesuai dan tidak tepat
1
2
Menyusun Kalimat
1 – 4
a.       Sesuai dan tepat
4
b.      Cukup sesuai dan cukup tepat
3
c.       Kurang sesuai dan kurang tepat
2
d.      Tidak sesuai dan tidak tepat
1
3
Menulis kalimat sesuai dengan struktur
1 – 4
a. Tepat dan sesuai strukur
4
b. Cukup tepat dan sesuai struktur
3
c. Kurang tepat dan tidak sesuai struktur
2
d. Tidak tepat dan tidak sesuai struktur
1

Skor Maksimal
12

        

   





    Format Penilaian Performansi



Nama
Nilai
Total Nilai
1
2
3
4



























             Pedoman penskoran       :

              Nilai Akhir = Jumlah Nilai Perolehan X 100  = ................. X 100 = ..........

                                 Jumlah Skor Maksimal                    12





1.      Penilaian Sikap

No
Aspek Yang Di Observasi
Pilihan Jawaban
Skor
Selalu
Sering
Kadang-Kadang
Tidak Pernah
1
Antusiasme dalam belajar





2
Bertanggung jawab/peduli





3
Percaya diri dalam berinteraksi





4
Menghargai orang lain





5
Santun





Jumlah








                Format Penilaian Sikap

Nama
Nilai
Total Nilai
Antusiasme dalam belajar
Bertanggung jawab
Teliti
Santun

























                Rentang Skor Sikap

No
Keterangan
Jumlah Skor
1
Baik sekali / Selalu
76 – 100
2
Baik / Sering
51 – 75
3
Cukup / Kadang-kadang
26 – 50
4
Kurang / Tidak pernah
0– 25

 

    Penskoran    : Nilai = Jumlah skor jawaban

                                                    5



a.      Penilaian Aspek Pengetahuan

Kisi-kisi:

1.      Disajikan kalimat rumpang, peserta didik mampu melengkapi dengan kata yang tepat. ( 2 soal ) Nilai 1

2.      Disajikan kata secara acak, peserta didik mampu menyusun kata tersebut menjadi kalimat yang benar dan tepat. ( 2 soal ) Nilai 2

3.      Disajikan kalimat sederhana dalam bahasa Indonesia, peserta didik mampu menerjemahkan dan menuliskannya ke dalam bahasa Arab. ( 1 soal ) Nilai 2       

                      

       Nilai akhir = Jumlah Nilai Perolehan x 10 = .........



H.       REMEDIAL

Peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberikan kesempatan untuk memperbaikinya sesuai dengan indikator pembelajaran yang belum tercapai baik dengan cara diberikan tugas atau dengan mengulang tes. Jika didapati banyak peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar maka guru wajib memberikan pembelajaran ulang sesuai dengan indikator yang belum tercapai oleh kebanyakan peserta didik (remedial teaching), selanjutnya guru melakukan penilaian kembali  dengan indikator soal  yang sejenis. Remedial pembelajaran dilaksanakan pada waktu dan  hari tertentu atas kesepakataan antara peserta didik dan guru.



I.          INTERAKSI GURU DENGAN ORANG TUA

Guru meminta peserta didik memperlihatkan lembar penilaian kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf. Cara lainnya dapat juga dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang nilai pengetahuan dan sikap prilaku peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.





Bekasi, 12 April 2020







Mengetahui,



                                                                                                           

Kepala Sekkolah                                                           Guru Praktikan









Hj. Tutu Syuhada, S.Pd.I                                         Moh. Zaki Jamaludin, S.Pd.

               NIP.                              


Tidak ada komentar:

Posting Komentar