KECERDASAN MUSIC |
STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK SKI REKONSTRUKTIF PAI 14 |
G. “KECERDASAN MUSIK / IRAMA” |
Nama Strategi : BELAJAR DARI MUSIK |
Oleh : Adib Minarrohman 14410192 |
Filosofi : Siswa belajar dari musik yang menjadikan suasana kelas |
menjadi menyenangkan. |
Materi relevan : Nama Nabi dan Rosul |
Karakter dibiasakan : Komunikatif, percaya diri, menyenangkan. |
Langkah-langkah : |
Guru menerangkan materi |
Guru memperegakan nyanyian/lagu solawat tentang nama nabi dan rosul |
Kemudian bergantian siswa yang menyanyikan lagu tersebut |
Kemudian bersama-sam bernyanyi/bersolawat tentang nama nabi dan rosul |
Kemudian guru memerintahkan untuk menghafal lagu tersebut |
Guru menyimpulkan |
Nama Strategi : MARI BERNYANYI |
Oleh : ‘Alimah 14410156 |
Filosofi : Agar peserta didik dapat menyanyikan lagu-lagu yang sesuai |
dengan materi yang di ajarkan dikelas dengan diiringi oleh beberapa lat musik yang sudah di bawa oleh kelompok masing-masing. |
Materi relevan : Kisah-kisah 25 Nabi dan Rasul |
Karakter dibiasakan : |
Kegiatan pembelajaran tidak monoton. |
Peserta didik lebih dapat untuk berkreasi. |
Memunculkan sifat kreatif peserta didik. |
Langkah-Langkah : |
Guru menjelaskan materi tentang Kisah-kisah 25 Nabi dan Rasul kepada peserta didik. |
Guru membagi kelompok peserta didik dalam beberapa kelompok. |
Guru kemudian memberikan nama-nama Nabi dan Rasul kepada masing-masing kelompok. |
Tegaskan bahwa guru ingin mengetahui kreatifitas mereka dalam membuat suatu lagu yang syairnya berhubungan dengan nama-nama Nabi dan Rasul. |
Guru memberikan waktu yang cukup kepada peserta didik untuk membuat kreatifitas sebaik mungkin. |
Masing-masing kelompok harap untuk menampilkan hasil kreatifitasnya di dalam kelas dengan alat yang mereka sudah di persiapkan di depan kelas secara bergantian. |
Bahan / Alat : Nama-nama Nabi dan Rasul, Buku Tulis, Pulpen / Pensil, dan |
Alat-alat musik |
Nama Strategi : Melody Learning ( Nyanyian Belajar ) |
Oleh : Alwi Hakim 14410177 |
Filosofi : Belajar sambil bernyanyi |
Materi relevan : Sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW |
Karakter dibiasakan : Bijaksana, Arif, bertanggung jawab dan sosialis |
Langkah-langkah : |
Guru menjelaskan materi tentang sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW |
Guru membentu siswa menjadi beberapa kelompok untuk melakukan kegiatan diskusi tentang sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW. |
Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk membuat nyanyian lagu tentang sejarah perjuangan nabi Muhammad SAW seperti Shalawat Badr atau sholawat yang lainnya dengan nada yang berbeda-beda pada setiap kelompok yang bertujuan untuk membuat siswa dapat merenungi sejarah perjuangan Nabi dalam menyebarkan agama Islam |
Guru memberikan apresiasi kepada kelompok siswa yang bisa menampilkan secara bagus dan juga memberikan reward. |
Bahan / alat : Materi Sejarah perjuangan Nabi Muhammad, Modul, CD/ |
Kaset, Sound, Laptop dan LCD Proyektor. |
Nama Strategi : MENYANYI BERSAMA |
Oleh : Dida Satria Permana 14410173 |
Filosofi : Dengan strategi Menyanyi Bersama diharapkan para |
siswa mampu menyanyikan lagu-lagu yang telah dibuat oleh para walisongo dengan baik. |
Materi Relevan : Sejarah Masuknya Islam di Indonesia |
Karakter Dibiasakan : Memiliki citarasa seni yang tinggi, Kreatif, & Inovatif |
Langkah-langkah : |
Guru menjelaskan materi Sejarah Masuknya Islam di Indonesia terutama pada sub bab cara dakwah walisongo dengan singkat dan padat. |
Guru meminta para siswa untuk membentuk beberapa kelompok. |
Guru meminta kepada masing-masing kelompok siswa untuk menunjuk ketua kelompok sekaligus koordinator menyanyi bersama. |
Masing-masing kelompok siswa diminta untuk mencari lagu-lagu yang telah dibuat oleh walisongo (baik lirik, nada, dan cara menyanyikannya) dan berlatih menyanyikan salah satu dari lagu tersebut. Contoh: kelompok satu menyanyikan Lagu Ilir-Ilir. |
Masing-masing kelompok siswa diminta untuk mengkreasikan dan menyanyikan lagu yang sudah dipilih di depan kelas. |
Bahan dan Alat : Piano atau organ dn Kertas folio bergaris |
Nama strategi : SHALAWAT BERSAMA |
Oleh : Dwi Oktavia 14410184 |
Filosofi : Merupakan suatu kemampuan untuk menangani bentuk-bentuk |
musical, dengan cara memperseps, membedakan, mengubah, dan mengekspresikan. Strategi ini merupakan kepekaan terhadap irama. |
Karakter dibiasakan : Agar siswa lebih mengingat tentang perjuangan nabi dan para |
sahabat dalam menyebarkan islam |
Materi relevan : Perang badar |
Langkah-langkah : |
Guru menjelaskan materi, |
Menghidupkan musik tentang shalawat badar, |
Shalawat bersama |
Bahan : Buku panduan ski, CD |
Nama strategi : MUSIKALISASI MATERI |
Oleh : Fauzan Farudi 14410122 |
Filosofi : Dalam strategi ini siswa diharuskan melagukan materi |
yang delajari. Dengan melagukan materi maka akan mudah diingat siswa. |
Materi relevan : Shiroh nabawiyah |
Karakter diiasakan : Kepercayaan, tanggung jawab, keteladanan dan cinta |
Rosul. |
Langkah- langkah : |
siswa mengamati paparan materi yang disampaikan guru. |
Siswa bersama siswa melagukan cerita, dengan lagu sholawat yang sudah popular, yaitu “kisah sang rasul” |
Guru membagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok mempresentasikan dengan kreatifitas masing-masing, misal dengan alat music, dengan musikaslisasi dari rekaman. |
Guru bersama siswa yang lain memberikan tanggapan. |
Guru bersama siswa menyimpulkan. |
Alat dan bahan : LCD proyektor, laptop sebagai alat pemapar materi. |
Sound system. |
Nama Strategi : MARI BERNYANYI |
Oleh : Fijaj Phaisal R 14410134 |
Filosofi : Agar peserta didik dapat menyanyikan lagu-lagu yang sesuai |
dengan materi yang di ajarkan dikelas dengan diiringi oleh beberapa lat musik yang sudah di bawa oleh kelompok masing-masing. |
Materi relevan : Kisah-kisah 25 Nabi dan Rasul |
Karakter dibiasakan : Kegiatan pembelajaran tidak monoton, lebih berkreasi, |
Memunculkan sifat kreatif peserta didik. |
Langkah-Langkah : |
Guru menjelaskan materi tentang Kisah-kisah 25 Nabi dan Rasul kepada peserta didik. |
Guru membagi kelompok peserta didik dalam beberapa kelompok. |
Guru kemudian memberikan nama-nama Nabi dan Rasul kepada masing-masing kelompok. |
Tegaskan bahwa guru ingin mengetahui kreatifitas mereka dalam membuat suatu lagu yang syairnya berhubungan dengan nama-nama Nabi dan Rasul. |
Guru memberikan waktu yang cukup kepada peserta didik untuk membuat kreatifitas sebaik mungkin. |
Masing-masing kelompok harap untuk menampilkan hasil kreatifitasnya di dalam kelas dengan alat yang mereka sudah di persiapkan di depan kelas secara bergantian. |
Bahan / Alat : Nama-nama Nabi dan Rasul, alat tulis, dan Alat-alat musik |
Nama Strategi : BERNYANYI BERSAMA |
Oleh : Husna Nurhuda 14410011 |
Filosofi : Strategi ini membuat siswa menghafal pelajaran secara cepat |
dengan membuat lagu yang disukainya dan sesuai dengan lirik materinya sehingga akan lebih mudah siswa dalam menghafal materi pembelajaran tersebut |
Materi Relevan : Kisah Nabi Ulul Azmi |
Karakter Dibiasakan : Kerjasama, percaya diri, melatih ingatan. |
Langkah-langkah : |
Guru menjelaskan materi yang relevan dengan pembelajaran |
Bagilah peserta didik ke dalam 4 kelompok. |
Selanjutnya guru meminta kepada peserta didik untuk mengahfalkan dengan dinyanyikan dalam sebuah lagu yang kelompok kalian sukai yang berisi kisah singkat ulul azmi tersebut |
Setelah selesai guru mempersilahkan setiap kelompok untuk menyanyikan hasil lagu yang mereka buat dari kisah nabi ulul azmi |
Guru akan memberikan reward kepada kelompok yang paling baik dalam menciptakan lagu yang murni hasil olahan mereka |
Dengan demikian siswa diharpkan akan selalu ingat kisah ulul azmi dan dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari. |
Bahan/ alat : Lospeker, teap recorder, |
Nama Strategi : SINGING A SONG |
Oleh : M Irfan Fadholi 14410127 |
Filosofi : Siswa diajak bernyayi agar lebih mudah untuk mengingat suatu |
materi. Selain itu, strategi ini dihrapkan apat membuat siswa bergembira bersama karena bernyayi tersebut. Tetapi, tidak melupakan inti dari pembelajaran ini. |
Materi relevan : Sejarah 25 Nabi |
Karakter dibiasakan : Semangat, percaya diri |
Langkah-langkah : |
Guru menjelaskan tentang sejarah 25 Nabi kepada siswa. |
Guru membagikan kertas yang berisi lirik lagu kepada seluruh siswa. |
Guru memberikan contoh menyanyikan lirik lagu tersebut. Anak diminta menirukan. |
Siswa dibiarkan menyanyikannya sendiri selama 2 kali. Guru memberikan penjelasan mengenai silsilah Nabi. |
Siswa diminta bertanya kepada orang tua mengenai silsilah keluarganya. |
Alat dan bahan : Kertas yang berisi lirik lagu. |
Nama Strategi : SING A SONG |
Oleh : Istiqomah Nurul Syahidah 14410187 |
Filosofi : Meningkatkan keerdasan irama dengan bernyanyi. |
Materi relevan : Silsilah Nabi Muhammad SAW. |
Karakter dibiasakan : Percaya diri dan kreatif |
Langkah-langkah : |
Guru menjelaskan materi pembelajaran |
Guru mengajak siswa bernyanyi sebuah lagu yang liriknya berisikan silsilah Nabi Muhammad SAW. |
Siswa bernyanyi bersama-sama dan menghafal. |
Bahan/Alat : - |
Nama strategi : RHYTHMIC MATERIAL |
Oleh : Purnama Sari Lubis 14410004 |
Filosofi : Seorang anak dominan sangat mudah mengahafal kan sebuah lagu, |
Jadi jika materi pelajaran di jadikan lirik sebuah music, siswa akan lebih mudah menghafalkan materi pembelajaran. |
Materi relevan : Silsilah Nabi Muhammad SAW |
Karakter dibiasakan : Ingatan yang kuat |
Langkah-langkah : |
Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok dan siswa di suruh |
Membuat lirik lagu berdasarkan materi pelajaran dan di nyanyikan lalu di hafalkan |
Alat/bahan : - |
Nama Strategi : LETS SING A SONG!! |
Oleh : Isnaini Wahyu C 14410147 |
Filosofi : Memudahkan siswa memahami materi dengan |
mengungkapkannya dalam bentuk suara atau nyanyian. |
Materi relevan : Peristiwa Isra’ Mi’raj |
Karakter dibiasakan : Teliti, kebersamaan, semangat, hafalan, kepercayaan, |
pantang menyerah, amanah, tangguh |
Langkah-langkah : |
Guru menyampaikan sekilas materi tentang Isra’ Mi’raj |
Guru memberikan peta konsep tentang perjalanan Isra’ Mi’raj. |
Guru membagi ruang kelas menjadi beberapa pos yang akan menjadi rute perjalanan Isra’ Mi’raj. |
Guru menyontohkan perjalanan Isra’ mi’raj sesuai rute yang telah dibuat tadi. Agar perjalanan lebih menyenangkan, guru menyontohkan perjalanan Isra’ mi’raj dengan nyanyian yang dapat memudahkan siswa untuk mengingat perjalanan Isra’ mi’raj. |
Setelah semua siswa paham, guru meminta beberapa siswa untuk mempraktekkan perjalanan Isra’ mi’raj sambil bernyanyi, yang mengharuskan siswa untuk bergerak mengikuti irama dan berjalan sesuai rute dan pos yang ada. |
Lakukan berulang-ulang hingga siswa benar-benar paham. (lakukan secara bergantian antara siswa lainnya) |
Nama Strategi : ROKE-ROKE. |
Oleh : Binti Khoiriyah 14410157 |
Filosofis : Dengan nama strategi pembelajaran “Roke-roke” ini |
diharapkan seluruh siswa mampu membawakan materi yang berhubungan dengan kehidupan rasulullah di masa lalu menggunakan metode irama, atau musical. Sehingga materi yang di sampaikan mampu lebih mengena atau lebih mudah untuk dihafalkan dengan alunan irama atau nada yang menarik untuk didengar. |
Materi Relevan : Sejarah keluarga Nabi Muhammad SAW dan mengenal 25 |
Nabi Rasul |
Karakter Dibiasakan : Inovataif, Keratif, Semangat, Mendidik, Bermanfaat bagi orang |
lain, Ketepatan Hafalan |
Langkah-langkah : |
Guru memberikan materi tentang kehidupan keluarga Nabi Muhammad yang terdapat silsilah keluarga beliau, seperti nama ayahnya, ibunya, keempat anak perempuannya, dan cucunya. |
Guru memberikan lirik lagu untuk dinyanyikan secara bersama di kelas. Boleh ditulis di papan tulis, atau di layar LCD atau pada lembaran kertas yang dibagikan pada masing-masing peserta didik. |
“Abdullah nama ayahnya, aminah ibundanya |
Abdul mutholib kakeknya, abu thalib pamannya |
Khodijah istri setia, Fatimah putri tercinta |
Semua bernasab mulia, dari Quraisy ternama |
Inilah kisah sang rasul, yang penuh suka duka |
Oh penuh suka duka.” |
Guru bersama murid menyanyikan bersama-sama dengan diiringi musik atau lagu. |
Guru memerintahkan siswa untuk menghafalkan lagu ini. |
Kemudian guru meminta siswa untuk menyenyikan di depan kelas baik secara pribadi atau berkelompok. |
Alat Bahan : Kertas, Alat tulis, LCD, dan Speaker |
Nama Strategi : SENANDUNG HISTORY |
Oleh : Moh. Zaki Jamaludin 14410069 |
Filosofi : Mengajarkan siswa untuk menhayati makna yang terkandung dalam |
setiap kejadian yang dialami memiliki nilai keindahan yang dapat diresapi |
Materi relevan : Kebudayaan Islam sebeum & setelah hijrah Rasulullah SAW |
Karakter dibiasakan : |
Sikap teliti dalam berpendirian |
Menanamkan cinta terhadap seni dan sastra islam |
Berbaik sangka terhadap seluruh makhluk |
Disiplin dan tegas serta jujur dalam berbagai hal |
Langkah-langkah : |
Guru menyiapkan hasil karya para sahabat dan sastrawan aab terkait denan perkembangan islam |
Menyiapkan alat musik (ex; orgen, gitar, biola,/titiknada), lcd, layar. |
Pilih 3 orang siswa yang nantiny akan membacakan hasil karya para sahabat |
Pilih 2 orang untuk memaikan musik yang tersedia |
Minta 3 siswa membacakan puisi/cerita/karya sejarah dengan diiringi musik ya ada dan tapilan layar lcd yang sesuai dengan materi(background) |
Siswa lain duduk melingkar besar dengan 3 siswa pebca naskah berdiri dan pemain musik duduk disel lingkaran |
Membacakan karya sahabat (bentuk cerita/puisi dengan diiringi musik) |
Siswa yang lain mengamati dan mendengarkan |
Siswa pendengar disuruh menanggapi materi yang disampaikan dengan bentuk tanggaan wujud kesenian ritmik yang sama/berbeda |
Mengambil nilai dari unsur intrinsik karya dan pengamalannya |
Bahan : alat musik, hasilkarya sejarah, teks cerita, bahan ajar, materi, lcd, |
Dan layar. |
Nama Strategi : MENJADI MUSIK |
Oleh : Anis Hanifah 14410159 |
Filosofi : Menjadikan siswa berkreatifitas dalam hal musik, |
bahwa belajar dapat menjadi menyenangkan salah satunya adalah dengan music |
Materi relevan : Penyebaran islam di nusantara |
Karakter dibiasakan : Kreativ, percaya diri |
Langjah-langkah : |
Guru dan siswa mempelajari materi, guru menjelaskan tentang cara penyebaran islam di nusantara, kapan pertama kali masuk, dan lain sebagainya |
Untuk lebih mudah mengingat materi guru memberikan perintah untuk menuliskan syair / membuat syair lagu dari materi yang tadi dipelajari di sertai musik. Bisa mengaransemen lagu, atau menggunakan lagu yang sudah ada namun syair di ganti sesuai materi |
Kemudian selanjutnya, beri kesempatan siswa untuk menapilkan hasil kreativitasnya di depan siswa lain |
Alat/bahan : Buku pelajaran |
Nama Strategi : BERPACU DALAM MELODI |
Oleh : Haris Ahmad 14410151 |
Filosofi : Nama tersebut diambil dari sebuah program televisi dimana |
peserta diminta menebak nada dari sebuah lagu dan menebak lagu apa yang sedang diputar. Begitupun dengan siswa yang diminta menebak apa yang diminta oleh guru. |
Materi relevan : Kehidupan setelah Islam di Nusantara |
Karakter dibiasakan : Kreatif, Terampil, Percaya diri |
Langkah-langkah : |
Guru menyiapkan pembelajaran di kelas. |
Guru menyiapkan sebuah kertas yang berisi not balok dan meminta siswa mengeluarkan alat musik yang sudah disiapkan. |
Guru membagikan ke setiap siswa kertas not itu dan meminta siswa memainkan nada tersebut yang nantinya akan membentuk sebuah irama lagu. |
Siswa diminta menadakan not tersebut dan menebak lagu apa yang terkandung dalam not tersebut. |
Lagu yang di cari berupa lagu-lagu daerah nusantara. |
Setelah menebak lagu tersebut seterusnya ke siswa yang lain. |
Guru menarik kesimpulan terkait lagu dan materi yang sedang dipelajari. |
Guru menyampaikan kesimpulan. |
Guru menutup pelajaran. |
Alat dan Bahan : Buku Paket |
Nama Strategi : MUSIKALISASI SEJARAH |
Oleh : Ardika Riski Rahmawan 14410109 |
Filosofi : Filosofi strategi pembelajaran Musikalisasi Sejarah berdasar |
pada keinginan untuk mengembangkan kecerdasan musikal peserta didik yang secara alami dimiliki oleh setiap peserta didik. Kemampuan musikal yang diharapkan berkembang melalui strategi pembelajaran ini adalah kemampuan berdendang dan membuat materi sejarah menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk didengarkan. Strategi ini diharapkan dapat melatih kemampuan musikalisasi peserta didik dan dapat melihat keunikan peserta didik dalam menyampaikan materi yang dengan bersenandung dalam satu kelompok. Dengan keberagaman keterampilan bermusik, diharapkan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan yang terbaik yang dimiliki agar materi yang disampaikan dapat menarik dan menimbulkan pembelajaran yang menyenangkan. Dari materi yang disampaikan oleh peserta didik, guru dapat memberikan motivasi atau pertanyaan terkait apa yang dapat diambil atau diteladani dari lagu yang diciptakan, sehingga peserta didik tidak hanya mengetahui sejarah, tapi juga merekonstruktif dalam kehidupannya agar dapat bermanfaat dan meneladani kisah tersebut. |
Materi relevan : Sejarah Nabi Muhammad SAW di Makkah Madinah |
Karakter dibiasakan : Kerja sama, Kreativitas, Percaya diri, Inovasi, Kekompakan |
Langkah-langkah : |
Guru mengawali pembelajaran dengan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk membawa suasana pembelajaran kondusif. |
Guru membagi peserta didik di dalam kelas menjadi beberapa kelompok |
Guru memberikan setiap kelompok materi terkait pembelajaran yaitu tentang sejarah dan Metode Dakwah Nabi Muhammad di Mekkah. |
Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk memahami materi yang menjadi bahan setiap kelompok dan membuat musikalisasi dari materi yang didapatkan. |
Guru meminta setiap anggota kelompok membagi peran dan tugas terkait dengan alat instrumen dan vokal dan menyiapkan perlengkapan untuk tampil di depan kelas pada pertemuan berikutnya. (dalam lagu yang diciptakan, diharapkan peserta didik mengaitkan nilai yang dapat diteladani dari kisah yang dipilih) |
Guru mempersilakan peserta didik untuk menampilkan karyanya dan membuat rekaman terhadap hasil karya untuk dijadikan produk dari peserta didik. |
Guru menutup pembelajaran dengan penguatan dan memberikan motivasi untuk meneladani kisah dan sejarah Nabi Muhammad di Mekkah dan Madinah. |
Bahan/alat : Sumber belajar (Buku, Internet), Alat musik (berupa instrumen |
musik digital maupun alat musik lainnya), Alat perekam |
Nama strategi : RHYTHMIC MATERIAL |
Oleh : Purnama Sari Lubis 14410004 |
Filosofi : Seorang anak dominan sangat mudah mengahafal kan sebuah |
lagu, Jadi jika materi pelajaran di jadikan lirik sebuah music, siswa akan lebih mudah menghafalkan materi pembelajaran. |
Materi relevan : Silsilah Nabi Muhammad SAW |
Karakter dibiasakan : Ingatan yang kuat |
Langkah-langkah : Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok dan siswa di |
Suruh Membuat lirik lagu berdasarkan materi pelajaran dan di nyanyikan lalu di hafalkan |
Alat/bahan : - |
Nama Strategi : PUISI UNTUKMU |
Oleh : Kiptiyah 14410137 |
Filosofi : Filosofi strategi pembelajaran melalui Puisi Untukmu dengan |
memanfaatkan kecerdasan musik yakni kemampuan mencipta lagu, membentuk Irama, mendengar nada dari sumber bunyi atau alat musik. Yakni perlunya anak didik belajar dengan cara mencipta suatu karya dengan ekpresi musikal, bagaimana mereka menikmati bunyi atau suara. Melalui pembelajaran SKI dengan mencipta puisi diiringi lagu atau irama membangkitkan energi positif mereka untuk menyalurkan bakat keindahan mencipta puisi berkaitan dengan pembelajaran sejarah Islam. Dengan hal ini akan mendukung siswa untuk mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya, memahami sejarah Islam dan melibatkan emosi yang menjadikan pembelajaran tidak dilupakan. |
Materi relevan : Tokoh tokoh Pejuang Islam di Indonesia |
Karakter dibiasakan : Percayadiri, Terampil, Kreatif, Inovarif, dan Kepekaan |
Langkah-langkah : |
Guru mengawali pembelajaran dengan memberikan apersepsi terkait materi |
Guru telah menyiapkan bahan ajar yang berkaitan dengan beberapa tokoh Islam pejuang Islam di Indonesia beserta sejarah dan kejadian menarik yang terjadi di masanya dan dikaitkan dengan permaslahan aktual saat ini yang relevan |
Guru membagi bahan ajar tersebut ke setiap siswa dan memerintahkan siswa mencipta puisi terkait tokoh yang ia dapatkan tersebut |
Guru meberi tugas di rumah kepada sisiwa untuk mencari lagu atau irama yang cocok dalam mengekpresikan puisinya pada pertemuan yang akan datang |
Pada pertemuan yang akan datang siswa mebacakan puisinya diiringi irama/music di depan kelas |
Gurumemberikan penilaian, apresiasi dan evaluasi |
Bahan alat : Kertas, alat tulis, dan sumber belajar |
Nama strategi : PEMBAHARU BELAJAR IRAMA |
Oleh : Rohmatul Laili Mahmudah 14410150 |
Filosofi : Bertujuan membentuk siswa untuk mengemabnagkan bakat |
mereka dalam hal seni yang mana dari pembelajaran diselipi sedikit hal hal yang berbau seni agar pembelajaran menjadi berwarna. Darisini siswa diminta untuk mempelajari dakwah yang dibawa sunan kalijaga dalam menyebarkan agama islam yakni dengan menggunakan tembang dan wayang dari metode dakwah tersebut siswa diminta membuat rekontruksi berupa tembang yang sudah diajarkan oleh sunan kalijaga dengan diiringi tari yang indah dan ceria tetapi tetap mengandung unsur dakwah |
Materi relevan : Strategi dakwah sunan kalijaga |
Karakter Dibiasakan : Kritis, Inovatif , Percaya diri, Energik dan bekerja sama |
Langkah-langkah : |
Guru memberikan stimulus mengenai dakwah sunan kalijaga . |
Guru meminta siswa untuk mencari informasi lewat internet bagaimana strategi dakwah sunan kalijaga. |
Guru meminta siswa membayangkan bagaimana jika strategi dakwah diterapkan dalam lingkungan sekolah untuk membantu dakwah rohis di sekolah. |
Guru meminta siswa untuk menyampaikan perwakilan satu saja bagaimana strategi dakwah sunan kalijaga yakni tembang dan wayang. |
Setelah semua paham siswa diminta membuat tari yang indah dan ceria dengan diiringi tembang dari sunan kalijaga tersebut. |
Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok menjadi 3 kelompok untuk masing-masing menampilkan tari hasil kreasi kelompok masing-masing. |
Guru meminta siswa menyampaikan hasil kreasi tari didepan kelas pada pertemuan selanjutnya. |
Guru meminta siswa mempraktekan pada saat acara technical meeting di sekolah mereka sebagai penilaian pembelajaran. |
Guru memberikan refleksi kepada siswa . |
Guru memberikan motivasi penutup pada siswa. |
Nama Strategi : LAPAMA (Lagukan, Pahami Bersama) |
Oleh : Lisdiyana Nurul Jannati 14410117 |
Filosofi : Lapama adalah kependekan dari lagukan pahami bersama. |
Strategi ini merupakan salah satu strategi yang dapat mengembangkan kecerdasan irama pada siswa. Siswa yang memiliki kecerdasan ini cenderung lebih mampu memahami pelajaran jika disampaikan dengan suatu lagu. |
Materi Relevan : Kisah 25 Nabi dan Rasul Allah SWT |
Karakter Dibiasakan : Semangat belajar siswa &Pemahaman siswa terhadap pelajaran |
Langkah-langkah : |
Guru menyampaikan materi tentang kisah 25 nabi dan rasul kepada siswa dengan metode cerita (ceramah) |
Disela-sela pembelajaran, guru memutarkan sebuah video yang berisi lagu tentang nabi dan rasul. |
Guru membagikan lirik lagu dari video yang diputar kepada siswa. |
Siswa diminta untuk menghafalkan lirik lagu tersebut. |
Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyampaikan nama-nama nabi dan rasul yang telah dihafal di depan kelas. |
Dari nama-nama yang disebutkan tadi, siswa diminta untuk menceritakan secara singkat sejarah nabi yang telah disebutkan. |
Alat dan Bahan : LCD, Proyektor, dan Teks lirik lagu |
Nama Strategi : ISLAM DI NUSANTARA |
Oleh : Moh Alawi Maksum 14410055 |
Filosofi : Islam itu terkadang identic dengan arab, jadi ternyata |
islam juga ada di Nusantara, jadi siswa mengetahui bagaimana perjalanan islam di Nusantara. |
Materi relevan : Sejarah Islam di Nusantara |
Karakter Dibiasakan : Siswa menghargai budaya sendiri, agar rasa nasionalismenya kuat |
Langkah-langkah : |
Guru menyampaikan materi tentang islam di Nusantara |
Setelah itu siswa disuruh mencari lebih dalam tentang bagaimana sejarah islam di Nusantara ini. |
Kemudian untuk pertemuan selanjutnya, guru sudah mempersiapkan gambar, misalnya masjid, gua, makam wali atau yang bersejarah lainnya yang berkaitan dengan islam. |
Kemudian pada setiap gambar yang ditampilkan selama kurang lebih 10 menit, siswa diminta untuk mengingat gambar sesuai yang dipelajari kemarin, tentang apakah gambar itu dan menuliskannya ke dalam lembaran kertas. |
Setiap 10 menit guru mengganti gambar demi gambar sesuai keinginan. |
Tugas dikumpulkan |
Alat dan Bahan: : LCD Proyektor, Lembar kertas, Bolpoin, Buku Sejarah |
Islam Nusantara / atlas Walisongo |
Nama Strategi : KRITIKUS TAYANGAN VIDEO MUSIC |
Oleh ; Muh Mafruri 14410026 |
Filosofi : Kecerdasan yang dapat dikembangkan ialah siswa dapat |
memahami irama dan suara dari tayangan video music tersebut, selain itu siswa dapat menilai iarama suara dan dapat menulis irama tersebut, dan juga dapat mengevaluasi dari tayangan video music yang ditayangkan. |
Materi relevan : Peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah |
Karakter dibiasakan : Karakter yang dibiasakan siswa dapat terbiasa |
melakukan sesuatu dengan konsentrasi, disiplin, teliti, fokus, dan bersungguh-sungguh didalam menilai tayangan video. |
Langkah-langkah : |
Guru memilih tayangan video yang baik yang sesuai dengan materi pelajaran, dan dapat dipertunjukkan kepada siswa dengan baik. |
Siswa diberikan arahan oleh guru mengenai tujuan dan proses pembelajaran berlangsung. |
Setelah diberikan arahan, guru mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan pada proses pembelajaran |
Siswa diberikan kesempatan untuk mengkritik atau mengomentari dari tayangan video yang akan ditayangkan oleh guru. |
Guru memutar video dengan baik |
Setelah video itu selesai ditayangkan, guru menanyakan kepada siswa, apakah sudah dapat dipahami tayangan video tersebut, jika belum, guru memberikan satu kesempatan lagi untuk memutar kedua kalinya. |
Selanjutnya, siswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil dari mengkritik tayangan video tersebut |
Siswa diberikan apresiasi dan guru menanggapinya |
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran dari tayangan video tersebut. |
Alat dan Bahan : Laptop, LCD, Buku Tulis, Pensil, dan Modul Materi Pelajaran |
Nama Strategi : SOUND SYSTEM |
Oleh : Mukhlis Hidayatuloh 14410170 |
Filosofi : Metode ini membuat para siswa lebih mengkonsentrasikan |
kemampuannya dalam bidang ketajaman pendengaran (kepekaan) |
Materi relevan : Kisah hidup Nabi Muhammad SAW |
Karakter dibiasakan Konsentrasi, semangat, percaya diri |
Langkah-langkah : |
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok harus membawa alat musik, |
Guru memutarkan lagu/puisi tentang kisah hidup perjalanan Nabi Muhammad saw. |
Setelah pemutaran, setiap kelompok harus menampilkan (lagu yang telah diputar) dengan dibarengi alat musik dan kreatifitas dari masing-masing kelompok. |
Alat Bahan : Laptop, sound, alat musik |
Nama Strategi : SING YOU SONG |
Oleh : Nur Ziyadatul Hasanah 14410141 |
Filosofi : Strategi ini melatih kecerdasan music siswa dengan mengarang |
sebuah lagu sederhana. |
Materi Relevan : Materi yang relevan untuk strategi ini adalah Dakwah |
Rasulullah saw periode Makkah. |
Karakter Diharapkan : Dengan menerapkan strategi ini diharapkan siswa memiliki |
karakter kreatif, percaya diri, dan inovatif. |
Langkah-langkah : |
Guru menyampaikan materi secara singkat mengenai dakwah Rasulullah saw periode Makkah. |
Guru kemudian meminta siswa untuk menyusun lirik lagu yang bertema perjuangan dakwah Rasulullah saw periode Makkah beserta menentukan melodinya. |
Siswa menyusun lirik lagu yang bertema perjuangan dakwah Rasulullah saw periode Makkah, siswa juga diminta untuk menentukan melodi lagu. |
Guru kemudian meminta siswa untuk maju ke depan kelas dan menyanyikan lagu yang telah dikarangnya. |
Siswa maju ke depan kelas dan menyanyikan lagu yang sudah dikarangnya. |
Guru memberikan komentar terhadap penampilan siswa. |
Alat/Bahan : Alat/bahan yang dibutuhkan dalam strategi ini adalah kertas |
dan bolpoint. |
Nama Strategi : IRAMA BERDERING. |
Oleh : Fitchaturrizqoh 14410132 |
Filosofi : Strategi ini disusun untuk melatih kecerdasan irama |
anak, terutama dalam mata elajaran sejarah SKI yang cenderung membosankan. |
Materi Relevan : Masa kejayaan Islam. |
Karakter dibiasakan : Aktif, kreatif, Inovatif. |
Langkah-langkah : |
Perlihatkan video terkait materi yang relevan. Beri stimulus kepada siswa agar dapat menangkap isi video tersebut. |
Sebelum pembelajaran guru telah menyiapkan lirik lagu yang dapat mewakili materi tersebut. |
Tugaskan siswa untuk membuat syair, pantun, atau sebait lagu dari kesan pembelajaran tersebut. |
Sembari menunggu guru dapat menyiapkan tempat strategis (menggambar lingkaran/ meletkkan kertas tertentu, yang terpenting ditandai. |
Setelah selesai siswa dapat menampilkannya secara acak dalam posisi berdiri dalam lingkaran besar dan ada beberapa lingkaran kecil dengan diiringi musik (ketika ada irama berdering, siswa yang ketika itu berada di tempat strategis/lingkaran kecil yang menampilkannya). |
Tutup pelajaran dengan lirik yang telah dipersiapkan guru disertai musik yang sesuai. |
Nama Strategi : RIANG GEMBIRA |
Oleh : Rofi’ah Nurhayati 14410028 |
Filosofi : Riang gembira adalah strategi pembelajaran yang |
disuguhkan melalui lagu-lagu / nyanyian yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Dengan demikian, diharapkan pembelajaran akan menyenangkan, enjoy namun materi tetap didapatkan. |
Materi relevan : Meneladani Salahudin Al-Ayyubi |
Karakter yang diharapkan : Menciptakan siswa yang gembira, antusias, |
Bekerjasama dan Meneladani ibrah terkait Salahuddin di kehidupan sehari-hari |
Langkah-langkah : |
Guru mengkondisikan siswa sebagaimana mestinya |
Guru menyiapkan sound system, LCD, untuk menayangkan video lagu tersebut |
Guru bersama siswa menyanyikan lagu Salahudin al-ayyubi |
Guru menunjuk salah satu siswa secara acak melalui permainan angka |
Siswa yang angkanya tersebut, maka diperintahkan untuk menyampaikan isi lagu yang telah dinyanyikan. |
Guru membentuk siswa ke dalam 3 kelompok |
Siswa diberi tugas untuk mengaitkan isi lagu dengan fenomena yang terjadi saat ini serta solusi dari fenomena tersebut |
Siswa memperesentasikan hasil diskusinya di depan kelas |
Siswa lain diberi kesempatan untuk menanggapi ataupun menyanggah |
Siswa dan guru memberikan kesimpulan |
Alat dan bahan : Sound system, LCD, Laptop, Kertas, Alat tulis. |
Nama Strategi : LEARN WHILE PLAYING |
Oleh : Siti Astari 14410012 |
Filosofi : Dengan adanya pembelajan sambil bermain, peserta didik akan |
mudah memahami dan mengingat pelajaran |
Karakter dibiasakan : Menghafal nama-nama Nabi |
Materi relevan : Menyanyi kan 25 Nabi |
Langkah-langkah : |
Membentuk kelas menjadi satu kelompok dengan posisi duduk melingkar |
Guru memutar music tentang lagu 25 Nabi, serta menjelaskan aturan mainnya |
Setiap lagu berhenti disalah satu nama Nabi, maka siswa harus menceritakan sekilas tentang Nabi tersebut |
Bahan dan alat : LCD, speker, lagu Nabi. |
Nama Strategi : LAGU NABI DAN RASUL. |
Oleh : Bangkit Wicaksana 14410126 |
Filosofi : Agar peserta didik dapat menyanyikan lagu-lagu tentang |
Nama-nama Nabi SAW. |
Materi relevan : Nama-nama 25 Nabi dan Rasul |
Karakter dibiasakan : |
Kegiatan pembelajaran tidak monoton. |
Peserta didik lebih dapat untuk berkreasi. |
Memunculkan sifat kreatif peserta didik. |
Langkah-Langkah : |
Guru menjelaskan materi tentang Nama-nama 25 Nabi dan Rasul kepada peserta didik. |
Guru membagi kelompok peserta didik dalam beberapa kelompok. |
Guru kemudian memberikan nama-nama Nabi dan Rasul kepada masing-masing kelompok. |
Tegaskan bahwa guru ingin mengetahui kreatifitas mereka dalam membuat suatu lagu yang syairnya dengan nama-nama Nabi dan Rasul. |
Guru memberikan waktu yang cukup kepada peserta didik untuk membuat kreatifitas sebaik mungkin. |
Masing-masing kelompok harap untuk menampilkan hasil kreatifitasnya di dalam kelas dengan alat yang mereka sudah di persiapkan di depan kelas secara bergantian. |
Bahan / Alat : Nama-nama Nabi dan Rasul, alat tulis, Alat-alat musik |
Nama Strategi : MUSIKALISASI SEJARAH. |
Oleh : Mr. Umar Aidnay 13410146 |
Filosofi : Strategi Mesikalisasi Sejarah merupakan model pembelajaran |
yang memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran sejarah kebudayaan islam dengan lagu. |
Materi Relevan : Tokoh-tokoh sejarahwan khalifah urrasyadin, kesenian islam. |
Karakter Dibiasakan : Percayadiri, kreatif, terampil, inovatif. |
Langkah-langkah: |
Guru menjelaskan tujuan dan maksud strategi pembelajaran. |
Guru memerintah siswa membuat arangsemen lagu dengan irik sejarah kebudayaan islam misalnya Tokoh-tokoh khalafah urrasyidin seperti Abukar, Umar, Ali. |
Guru menyuruh siswa untuk menampilkan hasil kariyanya di penan kelas. |
Guru memberikan tanggapan dan penilaian kepada siswa. |
Nama strategi : DRAMA MUSIKAL |
Oleh : Wahyu Nurohman 14410056 |
Filosofi : Metode ini adalah suatu benttuk ekspresi yang |
dikolaborasikan antara music gerak/tari dan juga sejarah islam . dengan metode ini siswa tidak hanya di tekankan pada sikap kognitifnya saja untuk menghafal nama tokoh dan juga tahun tahun penting yang berkaitan dengan keaktifan otak kiri metode ini juga baik melatih siswa mengaktifkan otak kanan yang berkaitan dengan imajinasi dan kreatifitas anak . |
Materi relevan : Dakwah nabi (secara terang terangan ) |
Karakter dibiasakan : Tangung jawab , kerja sama (kompak) |
Langkah langkah : |
Guru menceritakan dakwah nabi secara terang terangan |
Guru membagi 2 kelompok besar yang terbagi menjadi pemeran(tokoh) dan pengiring musik |
Setelah kelompok terbagi , Guru menyiapkan gulungan kertas yang berisi nama tokoh dan naskah terkait dengan peran masing masing siswa |
Setelah masing masing siswa mendapat kertas ,tugas masing masing siswa adalah berlatih untuk bermain peran sessuai dengan karakter yang mereka peroleh |
Bahan alat : Kertas, alat tulis, kamera , naskah drama |
property tambahan / pendukung ( kostum dll) |
Nama strategi : MUSIK SUASANA |
Oleh : Tutut Yuda Lesmana 14410198 |
Filosofi : Pada dasarnya, setiap orang menyukai musik. Sekarang bagaimana |
musik bisa diintegrasikan dalam pembelajaran SKI. Musik dapat digunakan oleh guru untuk membangun kondisi emosional tertentu para siswa. |
Karakter dibiasakan : Mencintai keindahan musik, puisi dan sejarah |
Materi relevan : Perang badar atau hijrah Nabi ke madinah |
Langkah-langkah : |
Sebelum memulai pembelajaran, siapkan peserta didik secara fisik dan psikis |
Sebeum memuai pembelajaran ceritakan sekilas tentang perjuangan nabi pada peang Badar atau hijrah nabi ke Madinah |
Putarkan rekaman musik shalawat badr atau Thala’al Badru alaina yang bertujuan untuk menggugah emosional siswa agar lebih bisa meneladani perjuangan Nabi SAW. |
Bahan-bahan : |
Rekaman musik shalawat badr atau Thala’al Badru alaina |
Laptop dan speaker |
Nama strategi : SING A SONG |
Oleh : Vina Miftahul Jannah 14410070 |
Filosofi : Dengan strategi sing a song ini, siswa dapat menghafal |
dan memahami materi yang telah di ajarkan |
Materi relevan : Wali Songo |
Karakter dibiasakan : Semangat, kerjasama, tanggung jawab |
Langkah-langkah : |
Guru memberikan materi tentang wali songo |
Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. |
Setiap kelompok medapat tugas untuk membuat sebuah lagu yang liriknya berhubungan dengan wali songo |
Setelah selesai, setiap kelompok menampilkan hasil karya lagunya di depan kelas. |
Bahan/alat : Buku materi, kertas |
Nama Strategi : LEARNING BY SONG |
Oleh : Wahyu Kholis Prihantoro 14410179 |
Filosofi : Metode ini memberikan tanggung jawab kepada para siswa |
untuk memahami dan meghafalkan materi SKI denagn cara menyanyikannya pada sebuah lagu yang mudah diingat dan dihafal |
Materi relevan : Nama-nama 25 Nabi dan Rasul |
Karakter dibiasakan : Metode ini membiasakan para siswa untuk memahami |
materi pelajaran dengan cara bernyanyi dan meningkatkan kemampuan mereka dalam musik dan seni |
Langkah-langkah : |
Buatlah para siswa untuk mendengarkan sebuah materi yang dilagukan, suruh para siswa untuk mengikuti lagu tersebut, setiap siswa dituntut untuk hafal materi tersebut, guru menyimpulkan pelajaran |
Bahan/Alat : Teks pedoman materi |
Nama Strategi : Ketika Aku Bernyanyi Aku Menjadi Lebih Memahami |
Oleh : Kusuma Yudha 14410105 |
Filosofi : Filosofi strategi pembelajaran Ketika Aku Bernyanyi Aku |
Menjadi Lebih Memahami ini berdasar pada keinginan mengajak peserta didik untuk dapat memahami dengan cara menyanyikan materi menjadi sebuah lagu yang lebih menyenangkan untuk pembelajaran. Dengan mengajak peserta didik untuk menyanyikan materi dalam sebuah materi, maka peserta didik diharapkan mampu mendorong dan memotivasi untuk mempelajari dan mengembangkannya. Dari materi yang disampaikan kepada peserta didik, guru dapat memberikan motivasi atau pertanyaan terkait apa yang dapat diambil atau diteladani dari cuplikan sejarah yang telah disampaikan, sehingga peserta didik tidak hanya mengetahui cerita atau alur sejarah, melainka juga merekonstruksi dalam kehidupan peserta didik agar dapat bermanfaat dan meneladani kisah atau sejarah tersebut. |
Materi relevan : Sejarah Kerajaan Islam Di Indonesia |
Karakter dibiasakan : Kerjasama, Kreatifitas, Inovasi, Percaya diri |
Langkah-langkah : |
Guru menyampaikan materi pembelajaran terkait sejarah kerajaan Islam di Indonesia |
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dari materi tersebut |
Guru melakukan apersepsi terkait pembelajaran pada pertemuan sebelumnya dan dihubungkan dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan |
Guru menjelaskan prolog materi terkait sejarah kerajaan Islam di Indonesia |
Guru membagi peserta didik di dalam kelas menjadi beberapa kelompok |
Guru memberikan setiap kelompok materi terkait pembelajaran |
Guru memberikan waktu kepada peserta didik untuk memahami materi yang menjadi bahan setiap kelompok dan membuat musikalisasi dari materi yang didapatkan |
Guru meminta setiap anggota kelompok membagi peran dan tugas terkait dengan alat instrumen dan vokal dan menyiapkan perlengkapan untuk tampil di depan kelas pada pertemuan berikutnya. (dalam lagu yang diciptakan, diharapkan peserta didik mengaitkan nilai yang dapat diteladani dari kisah yang dipilih) |
Guru mempersilakan peserta didik untuk menampilkan karyanya |
Guru memberikan komentar dan masukan terhadap penampilan setiap kelompok |
Guru bersama peserta didik mereview pembelajaran yang telah dilaksanakan sekaligus memberikan penguatan dan motivasi |
Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya |
Bahan/alat : Sumber belajar: buku paket, internet, dan alat musik |
Nama strategi : Belajar Dari Apa Yang Ada Di Depan |
Oleh : Eci Anggraeni 14410003 |
Filosofi : Strategi ini akan mengasah penglihatan pendengaran dan |
pemahaman siswa |
Materi relefan : Kisah nabi yusuf |
Karakter dibiasakan : Pemahaman dan ketangkasan |
Langkah-langkah : |
Guru meminta siswa untuk memperhatikan video yang akan di tampilkan oleh guru |
Siswa di minta mencatat dam memahami apa yang akan di tampilkan |
Guru memutar sebuah video dengan nyanyi-nyanyian |
Selanjutnya siswa di minta satu persatu menjelaskan apa yang di pahami dari video yang sudah di tampilkan |
Bahan/Alat : Spiker, LCD dan proyektor |
Nama Strategi : EKSISTENSI SENANDUNG SHOLAWAT |
Oleh : Zainab 14410160 |
Filosofi : Saya memilih stategi ini agar peserta didik mampu mengaitkan |
materi yang akan diajarkan dengan sebuah lagu yng berkaitan agar pembelajaran tidak monoton tetapi juga diiringi atau dilengkapi dengan klagu Islami yang berkaitan |
Materi relevan : Perang Badar |
Karakter dibiasakan : |
Mampu memahami kisah perang badar |
Mampu menyalurkan suara lewat bersholawat |
Menumbuhkan kreatifitas peserta didik |
Langkah-Langkah : |
Guru menjelaskan terjadinya perang badar |
Guru menjelaskan atau menyebutkan lagu atau sholawat yang berkaitan dengan perang badar |
Guru membagi peserta didik menjadi 3 kelompok |
Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa peserta didik harus membuat musikalisasi drama sebagai tugas kelompok |
Guru membei waktu mereka untuk berdiskusi 10 menit |
Guru memberi kesempatan peserta didik untuk menampilkan kreativitasnya |
Bahan / Alat : Materi perang badar, Teks sholawat badar, Alat peraga untuk |
musikalisasi drama |
Nama Strategi : MUSIKALISASI SKI |
Oleh : Zaenal Imam 14410163 |
Filosofi : “Musikalisasi SKI” merupakan strategi pembelajaran yang |
menekankan pada kemampuan kecerdasan Musikal. Dipih nama “Musikalisasi SKI” yaitu mengandung arti bahwasannya peserta didik diajak untuk belajar SKI yang dikemas dalam bentuk musik sehingga lebih menyenangkan dan lebih mudah diterima oleh peserta didik. Filosofi strategi pembelajaran Musikalisasi SKI berdasar pada keinginan untuk mengajak peserta didik untuk memahami materi SKI melalui musik. Peserta didik diajak untuk bermain musik dan menciptakan lagu yang berkaitan dengan materi sejarah Nabi Muhammad SAW. Dengan mengajak peserta didik untuk menciptakan lagu dan bermain musik, diharapkan peserta didik mampu terdorong dan termotivasi untuk mempelajari sejarah Nabi Muhammad SAW yang nantinya dapat direfleksikan terhadap diri peserta didik dan meneladani nilai-nilai positif yang ada pada diri Nabi Muhammad SAW. Semisal merefleksikan perjalanan hidup Nabi yang penuh suka duka tetapi beliau tetap istiqomah taat kepada Allah SWT. Dari materi yang disampaikan kepada peserta didik, guru dapat memberikan motivasi atau pertanyaan terkait apa yang dapat diambil atau diteladani dari cuplikan sejarah yang telah disampaikan, sehingga peserta didik tidak hanya mengetahui cerita atau alur sejarah, melainkan juga merekonstruksi dalam kehidupan peserta didik agar dapat bermanfaat dan meneladani kisah atau sejarah tersebut. |
Materi relevan : sejarah Nabi Muhammad SAW yang meliputi sejarah |
perjalanan hidup beliau. |
Karakter dibiasakan : Berpikir Reflektif, Kreatif, Menciptakan sebuah karya, Percaya |
diri, Imajinatif, Instropeksi |
Langkah-langkah : |
Guru mengawali pembelajaran dengan memberikan motivasi kepada peserta didik, kemudian menyampaikan tujuan pembelajaran. |
Guru memberikan pengantar tentang materi terkait serta memberikan penjelasan lebih lanjut tentang strategi pembelajaran yang digunakan. |
Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diberikan naskah singkat yang berisi materi sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW. |
Masing-masing kelompok disuruh untuk menciptakan sebuah lagu yang berkaitan dengan materi. Kemudian nanti lagu yang telah dibuat ditampilkan di depan kelas. Diharapkan lagu yang diciptakan memiliki pesan moral yang dapat ambil untuk dapat dikontekstualisasikan di zaman sekarang. |
Selain menampilkan musik, masing-masing kelompok secara singkat juga menyampaikan pesan moral dari lagu yang diciptakan. |
Guru memberikan apresiasi, kesimpulan dan motivasi kepada peserta didik. |
Bahan/alat : Alat Tulis (buku, kertas, pulpen/pena) |
Alat musik (gitar, keyboard, rebana dsb) |
Nama Strategi : PIKNIK |
Oleh : Zakka Reynaldi 14410191 |
Filosofi : Strategi ini dinamakan Piknik karena siswa akan dirangsang |
kemampuan dalam sensitivitas pada pola titinada, melodi, ritme dan nada. |
Materi relevan : Kebudayaan Islam di Nusantara |
Karakter dibiasakan : Kritis |
Langkah – langkah : Siswa merancang kegiatan santai di luar sekolah seperti tempat |
bersejarah islam di lokasi setempat, tidak harus ke tempat jauh dan biaya mahal. Untuk menggali nilai-nilai sosial, spritual, keindahan, dalam balutan kebudayaan islam di nusantara dsb. Ini adalah cara yang tepat untuk mengembangkan kecerdasan musical. |
Bahan/alat : Kertas, Buku Jurnal, dan Peta. |
Nama Strategi : MUSIC BALL |
Oleh : Ahmad Asmu’i 14410050 |
Filosofi : siswa merasa senang ketika diberi soal |
Materi relavan : Khulafaur Rasyidin |
Krakter dibiasakan : Tenang dalam menghadapi masalah. |
Langkah-langkah : |
Guru menyiapkan beberapa soal (1 soal ditulis dalam 1 lembar kertas kemudian dijadikan satu sehingga berbentuk bola. Kemudian agar tidak lepas diikat dengan karet), menyiapkan speaker dan instrumen musik. |
Guru menginstruksi siswa agar duduk melingkar. |
Guru memberikan bola soal kepada salah satu siswa. |
Siswa memberikan bola ke teman di sampingnya( boleh kanan atau kiri, sesusai kesepakatan) ketika musik dimainkan dan berhenti ketika musik dimatikan. |
Siswa yg mendapat bola ketika musik dihentikan diharuskan membuka satu lembar soal pada bola tersebut dan menjawabnya. |
Guru membahas soal yg dijawab siswa. Kemudian melanjutkan strategi hingga kertassoal habis dijawab dan materi tersampaikan. |
Alatl/Bahan : kertas, Alat tulis, Karet gelang, Speaker |
Nama Strategi : AKU BISA! |
Oleh : Darul Khoiriyah 14410008 |
Filosofi : siswa diharapkan bisa menciptakan lagu yang berkaitan |
dengan materi. |
Materi Relevan : Khulafaur Rosyidin. |
Karakter Dibiasakan : Percaya Diri, kreatif, berani tampil. |
Langkah-langkah: |
Guru menjelaskan materi dengan menciptakan lagu tentang materi yang akan dibahas. |
Guru membagi kelompok. |
Masing-masing kelompok diberi tugas untuk menciptakan lagu sesuai materi yang didapat. |
Siswa maju ke depan dan mempresentasikan kemudian memberikan kesempatan kelompok lain menanggapinya. |
Nama strategi : NAIK-NAIK KEPUNCAK GUNUNG |
Oleh : Safrudin Jamil 14410190 |
Filosofi : Belajar dalam nada |
Karakter dibiasakan : Keceriaan, |
Materi relevan : Khulafaurrasyidin |
Langkah-langkah : |
Guru menyiapkan media pembelajaran seperti sound system dsb. |
Guru mejelaskan materi tentang khulafurrasyidiin. |
Guru menyanyikan sebuah lagu yang telah disiapkan yaitu lagu naik-naik kepuncak gunung dengan lirik yang sudah dirubah. |
Siswa bernyanyi bersama dan menghafalkannya. |
Guru bertanya tentang materiyang ada pada lirik lagu tersebut. |
Bahan/alat : Sound dan proyektor |
Nama Strategi : SLA-LI-LE-LU-L |
Oleh : Rika Kartika |
Filosofi : Strategi ini merupakan strategi pembelajaran yang membantu |
siswa untuk belajar dengan menggunakan kecerdasan musik. Strategi ini lebih cocok untuk usia SD |
Materi Relevan : Sejarah Hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah |
Karakter dibiasakan : Percaya diri dalam bercerita, mengasah bahasa yang sudah |
dimiliki dan memperkayanya |
Langkah-langkah : |
Guru memberikan pengantar |
Guru membagikan cerita (tertulis) Sejarah Hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah. |
Guru membagi kelas perkelompok, setiap kelompok 4 orang dengan cara berhitung 1 sampai 4. |
Guru memberikan intruksi kepada siswa untuk menyampaikan apa yang mereka baca, kemudian menceritakan dengan sebagus mungkin, boleh dengan pidato atau dongeng dan direkam. |
Setiap kelompok menuliskan hikmah dari pembelajaran yang dilakukan dikaitkan dengan realitas kehidupan saat ini. |
Bahan/alat : Materi, HP(Rekam). |
Nama strategi : MUSIK SUASANA |
Oleh : Tutut Yuda Lesmana 14410098 |
Filosofi : Pada dasarnya, setiap orang menyukai musik. Sekarang bagaimana |
musik bisa diintegrasikan dalam pembelajaran SKI. Musik dapat digunakan oleh guru untuk membangun kondisi emosional tertentu para siswa. |
Karakter dibiasakan : Mencintai keindahan musik, puisi dan sejarah |
Materi relevan : Perang badar atau hijrah Nabi ke madinah |
Langkah-langkah : |
Sebelum memulai pembelajaran, siapkan peserta didik secara fisik dan psikis |
Sebeum memuai pembelajaran ceritakan sekilas tentang perjuangan nabi pada peang Badar atau hijrah nabi ke Madinah |
Putarkan rekaman musik shalawat badr atau Thala’al Badru alaina yang bertujuan untuk menggugah emosional siswa agar lebih bisa meneladani perjuangan Nabi SAW. |
Bahan-bahan : Rekaman musik shalawat badr atau Thala’al Badru alaina |
Laptop dan speaker |
Nama Strategi : DRAMA MUSIKAL |
Oleh : Mustika Umi Sholehah 1410198 |
Filosofi : Kecerdasan musical adalah kecerdasan yang mampu untuk |
menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk music. |
Materi relevan : Peperangan |
Karakter dibiasakan : Tanggung jawab, berani, tegas, dapat mengambil keputusan |
dengan benar, dapat mengekspresikan diri, berkolaborasi. |
Langkah-langkah : Guru meminta siswa untuk berkelompok, kemudian guru |
membagikan tugas kepada setiap kelompok agar tiap kelompok itu dapat mendrama musikalisasikan tugas yang didapat. |
Bahan/alat : Musik yang sesuai dengan tema |
Nama Strategi : GEDAGU |
Oleh : Sundari 14410038 |
Filosofis : Gedagu yaitu gerak dan lagu, strategi ini membantu anak untuk |
lebih mudah memahami dan menghafal dengan nyanyian. |
Materi relevan : 25 Nabi |
Langkah-langkah : |
Guru menyampaikan materi |
Guru mengulang-ngulang dengan menggunakan lagu |
Guru mrngajari untuk menghafal dan menyanyikan |
Nama Strategi : MENJALIN HUBUNGAN DENGAN MUSIK |
Oleh :Adnan Ardiansyah 14410180 |
Filosofi : Dengan strategi menjalin hubungan dengan musik diharapkan |
dapat membantu siswa dalam memahami kisah Rasulullah. |
Materi Relevan : Sejarah Kelahiran Rasulullah |
Karakter Dibiasakan : Kreatif dan Inovatif |
Langkah-langkah : |
Guru meminta para siswa untuk membentuk sebuah lingkaran besar. |
Kemudian guru memberikan penjelasan materi seputar kisah kelahiran Rasulullah. |
Kemudian guru memberikan sebuah alat baik buku , pensil atau yg lain sebagai media kepada salah satu siswa. |
Kemudian guru memerintahkan untuk memindahkan buku atau pensil tersebut kepada teman dekatnya dengan diiringi lagu yang berkenaan dengan sejarah Rasulullah, dan guru berhak menghentikan lagu tersebut kapan saja,dengan maksud siapa yang mendapat pensil dialah yang berhak memberikan penjelasan seputar kisah Rasulullah. |
Setelah semua mendapatkan guru mengakhiri pembelajaran |
Bahan dan Alat : Media ( pensil,buku ) |
@PendidikanAgamaIslamFITKuin-suka.ac.id |
Jumat, 03 Februari 2017
music int5elegent
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar