RPP
Q.S. ALI IMRAN AYAT 190-191
Disusun
Guna Memenuhi Tugas Kelompok
Mata
Kuliah Pembelajaran Al-Quran Hadis Di Madrasah/Sekolah
Dosen
Pengampu : Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Oleh:
Alimah (
14410156 )
Binti
Khoiriyah ( 14410157 )
Anis
Hanifah ( 14410159 )
Zainab (
14410161 )
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2016
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS
XII TENTANG MENGHIDUPKAN HATI NURANI DENGAN BERFIKIR KRITIS
DEMOKRATIS
Satuan
Pendidikan : SMA N 8 Yogyakarta
Kelas
/Semester : XII / Ganjil
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Topik :
Menghidupkan Hati Nurani dengan Berpikir Kritis Demokratis
Materi
Pokok : Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191
Alokasi
Waktu : 1x 2 Jam Pelajaran (90 Menit)
Jumlah
Pertemuan : 1 x Pertemuan
- Kompetensi Inti
KI I : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif
dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
- Kompetensi Dasar
- Menunjukkan sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait.
- Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
- Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
- Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan lancar
B.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
- Mampu menunjukkan sikap kritis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan hadits terkait.
- Mampu Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
- Mampu Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
- Mampu Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dengan lancer.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah dilaksanakan
kegiatan pembelajaran melalui model pembelajaran Saintifik
kooperatif
rool
play,diskusi, ceramah
siswa dapat :
- Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
- Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
- Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dengan lancer.
- Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif)
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi
Fakta (sesuatu yang dapat diindera)
Q.S.
Ali Imran (3): 190-191, dan hadits tentang berpikir kritis dan
bersikap
2.
Materi
Konsep (gabungan antar fakta yang saling berhubungan)
Pengertian
berfikir kritis
3.
Materi
Prinsip (generalisasi hubungan antar konsep-konsep yang berkaitan:
hukum, teori,
azas)
Tujuan
antara Pendidikan Agama Islam adalah Materi Pendidikan Agama Al-Islam
4.
Materi
Prosedur (sederetan langkah yang sistematis dalam menerapkan prinsip)
Cara Mempelajari
Agama Islam
Azas Filosofis dalam
Pendidikan Agama Islam
Kedudukan Akal dalam
memahami Al-Islam
Rasionalitas dalam
Beragama
Bacalah
ayat-ayat berikut dengan tartil dan renungkanlah maknanya serta
perhatikan adab dan sopan santun membaca Al Qur’an.
Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191,
Artinya
:
190.
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya
malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
191.
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk
atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan
langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah
Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka
peliharalah Kami dari siksa neraka.
E.
Metode
Pembelajaran
·
Saintifik
·
Kooperatif
·
rool
play,diskusi, group to group presentasi, ceramah
F.
Media
Pembelajaran
Media
·
Video
Pembelajaran
·
CD
Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
·
Komputer
/ Laptop
·
LCD
Projector
H.
Sumber
Belajar:
Sumber Belajar :
·
Buku
PAI Kls XII Kemdikbud
·
Al-Quran dan Al-Hadits
·
Buku tajwid
·
Kitab tafsir Al-Qur’an
·
Buku lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
I.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
|
10
menit
|
Inti
|
·
Mengamati
·
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid),
dan mencermati isi kandungan Q.S. Ali Imran (3): 190-191,
dan hadits tentang berpikir kritis
·
Menanya
·
Menanyakan cara membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191
·
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi
kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait.
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
·
Mendiskusikan materi tentang Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, sesuai
dengan hukum bacaan tajwid;
·
Menterjemahkan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits
terkait;
·
Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Ali
Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait.
·
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191,
·
Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan
materi tentang Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 kepada kelompok lain.
|
70
menit
|
Penutup
|
|
10
menit
|
J.
Penilaian
1.Prosedur
:
a.Penilaian
proses belajar mengajar oleh guru
b.Penilaian hasil
belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.Alat Penilaian
(Soal terlampir)
Aspek
afektif
Isilah
pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya
dengan cara mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia
INTERNALISASI
AKHLAK MULIA
|
|||||
No
|
Pernyataan
|
setuju
|
tidak
setuju
|
tidak
tahu
|
Alasan
|
1
|
bahwa
Allah lah yang telah memberikan potensi pada diri Anda
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
2
|
Anda
sadar bahwa otak anda adalah karunia besar dari Allah
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
3
|
Anda
meyadari bahwa otak manusia tanpa bimbingan wahyu Allah akan dapat
mengungkap tabir segala hal termasuk persoalan ghaib
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
4
|
Pendidikan
al-Islam tidak menghasilkan perubahan prilaku ke arah yang lebih
baik
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
5
|
Allah
sebagai Tuhan Yang Maha Tahu dan Maha Suci dari kealpaan berbuat
salah
|
…..
|
….
|
….
|
…..
|
FORMAT
PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama
Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerja
keras
|
||||||||
a
|
b
|
c
|
A
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
INDIKATOR
KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.
Disiplin
·
Selalu hadir di kelas tepat waktu
·
Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
·
Mentaati aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
2.
Tanggung jawab
Berusaha
menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
·
Bertanya kepada teman/guru bila menjumpai masalah
·
Menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
·
Partisipasi dalam kelompok
3.
Peduli
·
Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkan
·
Menunjukkan rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
·
Mampu memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di
sekitarnya
·
Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
4.
Kerja keras
·
Mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh
·
Menunjukkan sikap pantang menyerah
·
Berusaha menemukan solusi permasalahan yang diberikan
PEDOMAN
PENILAIAN:
·
Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada
kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.
·
Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan
tindak lanjut.
1.
Tugas
Menghafal
Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait dengan cara
mengisi lis ( lembar tugas hafalan).
2.
Observasi
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan)
·
sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan tentang
berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.
Portofolio
·
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait;
·
Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada
Q.S. Ali Imran (3) : 190-191
·
Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191,
dan hadist terkait.
1.
Tes
tulis
·
Menyalin Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan mengidentifikasi hukum
bacaan tajwidnya;
·
Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) :
190-191, dan hadist terkait.
2.
Tes
lisan
Membaca
dan menghafal Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar