Fakta
guru dan dosen setelah adanya kebijakan tentang guru dan dosen UU No.
14 tahun 2005
Guru
merupakan pendidik profesional dengan utama mendidik, mengajar,
membimbing, melatih, mengarahkan, menilai, dan mengevaluasi peserta
didik pada pendidikan anak usia dini melalui pendidikan uasia dini,
pendidikan formal dan menengah. Sedangkan untuk menjadi atau
mendapatkan profesi tersebut bukanlah suatu hal yang mudah dan dapat
dilakukan oleh setiap orang, namun perlu beberapa lama waktu untuk
belajar dan menghayati profesi tersebut lewat penghayatan dsb serta
perlu memiliki beberapa ketrampilan diantaranya adalah ketrampilan
pedagogik, psikomotorik, kognitif, afektif, psikologik, dan
kepribadian. Selain itu guru juga harus mendalami satu keilmuan yang
mendalam dan memiliki profesionalitas yang integritas. Undang-undang
dosen dan guru adalah ketetapan suatu politik bahwa pendidik adalah
pekerja profesional yang berhak mendapatkan hak dan kwajiban
profesional. Selain itu Undang-undang tersebut juga menetapkan bahwa
seorang pendidik wajib memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi
pendidik sebagai agen pembelajaran. Selain itu dengan adanya
peraturan ini tujuannya dapat mengembangkan profesionalitas guru dan
dosen dan yujuan pengembangan guru adalah sebagai berikut;
- Menjalankan UU no. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Dalam UUD 45 tentang mencerdaskan kehidupan Bangsa, kemudian pemerintah menganggarkan tentang bagaimana cara mencerdaskannya, lantas pemerintah merencanakan untuk mengembangkan profesi guru dapat difungsikan sebagaimana fungsinya.
- Memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Pendidik memiliki pengaruh kuat terhadap kualitas pendidikan, walaupun ada beberapa fsktor lsin, karena jika pendidik tidak memiliki potensi tentang guru maka output tidak akan maksimal. Pengaruhnya kualitas pendidikan di Indonesia akan beriringan dengan perkembangan keprofesionalitasan seorang guru dan dosen.
- Memperbaiki pandangan masyarakat tentang profesi guru. Sebelum adanya peraturan ini kebanyakan masyarakat memandang profesi guru sangat rendah dan bahkan mereka menganggap guru adalah sebuah profesi yang rendah dibandingkan dengan profesi lain juga dipandang sangat rendah, dengan adanya peraturan ini maka dengan adanya pengembangan profesi guru maka guru dapat disetarakan dan disejajarkan dengan profesi lainnya.
- Meningkatkan gaji untuk dan penghasilan guru. Tidak dapat dipungkiiri bahwasanya orang akan dapat bekerja semaksimal mungkin apabila memiliki pendapatan yang maksimal dan sepadan dengan apa yang dilakukan. Zaman dahulu gaji seorang sangatlah tidak diperhatikan oleh pemerintah seakan acuh pada mereka, namun setelah adanya peraturan ini harapannya guru bisa hidup dengan makmur juga semangat dalam mendidik dan mengajarkan muridnya.
Guru
sangatlah menentukan bagaimana masa depan penerus bangsa dan kualitas
pendidikan di Bangsa ini namun demikian tidak memungkinkan bahwasanya
ada beberapa fakta guru yang selama ini tidak diketahui oleh
masyarakat pada umumnya. Sebelum adanya Undang-undang guru dan dosen
kebanyakan guru mencari pekerjaan lain diluar jam sekolah untuk
memenuhi kekurangan kebutuhan sehari-harinya sesuai dengan kemahiran
dan ketramoilan yang dumilikinya, sehingga tenaga dan fikiran mereka
terbagi tidak hanya untuk mendidik murid-muridnya tetapi juga untuk
kebutuhan pokok keluarganya. Namu setelah adanya Undnag-undang gguru
dan dosen sejalan dnegan waktu dari mereka mulai meninggalkan hal
tersebut dan mulai fokus pada apa yang akan diajarkan pada murinya.
Walaupun seorang guru tidak seharusnya berharap untuk mendapatkan
uang setelah ia mengajarkan ilmunya, namun ia juga membutuhkan dana
untuk keberlangsungan hidupnya dan paling tidak ia mengambil manfaat
dari apa yang selama ini ia pelajari dan kemudian bermanfaat
diajarkan kepada orang lain dan kepada muridnya. Berikutu ini adalah
bebrapa fakta tentang guru di Indonesia berkaitan dengan
Undang-undang No. 14 tetang guru dan dosen;
- Guru tidak hanya bekerja mengajar disekolah saja, tetapi juga bekerja di rumah, apakah itu mempersiapkan materi yang akan diajarkan selanjutnya, menyiapkan PR, ulangan harian, ujian semester dan menilai tugas yang diberikan oleh muridnya
- Guru menjadi guru bukan karena mereka tidak cukup pintar bekerja dibidang lain yang terpandang, namun mereka menjadi guru untuk menjadikan generasi bangsa menjadi lebih baik lagi
- Guru menjadi sangat frustasi ketika tahu kualitas siswa baik dan tinggi namun tidak belajar maksimal ketika berada di sekolah
- Guru sangat menyukai siswa yang datang sekolah denagn sikap baik dan semangat belajar tinggi
- Guru menghormati orang tua yang menghargai pendidikan, mengerti kemampuan anaknya dan mendukung program guru
- Guru hanyalah manusia biasa yang memiliki kehidupan diluar sekolah dan memiliki hari baik buruk juga kesalahn
- Guru ingin kepala sekolah dan admisistratif mendukung apa yang mereka lakukan
- Guru itu kreatif dan asli
- Guru berkembang secara terus menerus
- Guru punya siswa kesukaan, walau tidak menyatakan secara langsung
- Guru sangat terlukai ketika orang tua tidak mengerti bahwasanya pendidikan adalah kolaborasi guru dengan orang tua
- Guru sangat suka kteraturan
- Guru mengerti bahwasiswa sebagai individu dikelas berbeda dengan siswa berada dalam kelas
- Guru sangat membenci pada media yang membesarkan kesalahan beberapa oknum guru yang mengacau daripada guru yang berupaya senantiasa melakukan usaha teraik untuk siswanya
- Guru membenci polotosasi pendidikan
- Guru tidak selalu meyukai meteri yang akan diajarkan pad asiswanya
- Guru seringkali menggunakan uang sendiri dalam kebutuhan belajar siswanya
- Guru ingin melihat siswanya yang lulus itu menjadi produktif
- Guru ingin menjadi model terbaik bagi siswanya
- Guru bekerja pada siklus yang takakan berhenti kecuali ia berhenti mengajar
- Gguru terkadang frustasi melihat beberapa guru yang kurang profesional dan tidak mengajar siswanya dengan alasan yang tidak jelas
- Guru sangat senang menerima dan menggunakan metode/teknologi baru jika dilatih untuk menggunakannya
- Guru sangatlah senang apabila dalam satu kelas hanya berjumlah 15-18 siswa
- Guru sangat menikmati hari libur mereka
Sumber;
http//teaching.about.com/od/pd/a/Fifty-Facts-Everyone-Should-Know-About-Teachers.htm
https//id.wikipedia.org/wiki/guru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar