Senin, 26 September 2016

supervisi

ASMINISTRASI SUPERVISI

  1. Pengertian Supervisi

Supervisi berasal dari bahasa super dan viseon yang masing-masing kata itu berarti atas penglihatan. Menurut Kimball Walles (1956: 8) Supervisi adalah suau bantuan dalam pengembagan peningkatan situasi belajar mengajar lebih baik. Sedangkan menurut N. A. Ametembun, Supervisi adalah Pembiasaan kearah situasi perbaikan pendidikan. Jadi yang dimaksud dengan Supervisi adalah Suatu bibingan profesinal bagi guru-guru atau segala usaha yang memberikan kesempatan bagi guru-guru untuk berkembang secara profesional dalam melaksanakan tugas pokoknya yaitu memperbaiki dan meningkatkan proses belajar murid-murid. Supervisi bukanlah usaha pengarahan yang membentuk pribadi selaras dengan pola yang dikehendaki oleh supervisor melainkan membantu guru untuk berkembang menjadi pribadi yang sesuai dengan kodratnya.

Dengan demikian Supervisor dapat dijadikan sebagai sarana dalam rangka pengembangan ketrampilan guru agar bisa mengajar para muridnya denga lebih profesional sesuai dengan kemestiannya, dan dengan adanya suprvisor maka pendidikan dapat dikembankan sesuai dengan kodratnya. Menurut Alfonso (1981), Neagly dan Evans (1980), serta Marks Stroops (1978)yang dikutip leh Djam an Satory melukiskan hubungan Supervisi, proses belajar mengajar dan hasil belajar seperti tabel berikut; 1


Model Hubungan Supervisi, Proses Mengajar dan Hasil Pelajar


  1. Fungsi-Fungsi dan Tujuan Supervisi Pendidikan

  1. Fungsi-fungsi Supervisi Pendidikan

Dalam pelaksanaannya, Supervisor perlu memahami fungsi-fungsi supervisi yang merupakan tugas pokok supervisor pendidikan. Berikut adalah fingsi utama Supervisor;
  1. Menyelenggarakan inspeksi
Sebelum emberikan playanan terhadap guru supervisor perlu mengadakan inspeksi terlebih dahulu, yakni sbagai usaha mensurvai seluruh sistem pendidikan yang ada, guna menemukan masalah, kekurangan, baik dari Guru, murid, kurikuum, sarana, dan sebagainya. Dengan bersumber pada data yang aktual bukan info yang tidak jelas.
  1. Penelitian Hasil Infeksi Berupa Data
Data yag telah diterima oleh supervisor kemudian diteliti. diantara langkah yang dapatdilakukan untuk meneliti/melaksanakan supervisi adalah:
  • Menemukan masalah yang ada pada situasi belajar mengajar
  • Mencoba mencari pemecahan yang diperkirakan efektif
  • Menyusun program perbaikan
  • Mencoba cara baru, dan
  • Merumuskan poa perbaikan yang ada standar untuk pemakain yang lebih luas.
  1. Penilaian
Kegiatan ini berupa usaha untuk mengetahui segala fakta yang mempengaruhi kelangsungan persiapan, penyelenggaran dan hasil pengajaran.
  1. Latihan
Pelatihan ini dimaksuda untuk memperkenalkan cara-cara baru sebagai upaya perbaikan dan atau peningkatan. Hal ini dapat berupa loka karya, seminar, demonstrasi mengajar, simulasi, observasi, atau cara lain yang lebi efektif.
  1. Pembinaan
Hal ini merupakan lanjutan dari pengealan cara-cara baru, degan maksud untk menstimulasi, mengarahkan, memberi semangat agar guru mau menerapkan cara yang baru dan efektif.2

  1. Tujuan Supervisi Pendidikan

Tujuan Supervisi pendidikan adalah untuk mengebangan situasi pembelajaran yang lebih efektif dan lebih baik dari sebelumnya. N. A. Ametembun (1981: 28) merumuskan tujuan supervisi berdasarkan faktor dan sifat-sifat khusus yang ada didalamnya. Berikut adalah tujuan0tjuan Supervisi adalah :

  1. Membina para Kepala Seklah dan Guru untuk lebih tahu tujuan pendidikan.
  2. Memperkuatkesangupan Kepala Sekolah dan Guru untuk mempesiapkan muridnya menjadi masyarakat yang efektif.
  3. Mengadaka diagnosis secara kritis terhadap aktivitasnya dan kesulitan belajar menajar serta menolog rencana perbaikan.
  4. Mengingatkan tata kerja yang demokratis dan kooperatif dan memperbesar kesediaan tolong menolong.
  5. Meningkatkan ambisi para Guru dalam meningkatka untuk pelayan pendidikan lebih maksimal .
  6. Membantu para pimpinan sekolah untuk mempopuerkan sekola pada masyarakat dalam mengembangkan program pendidikan,
  7. Membantu Kepala Sekolah dan Guru dalam mengevaluasi aktivitasnya dalam konteks tujuan aktivitas perkembangan peserta didik.
  8. Mengembangkan Persatuan dan Kesatuan antar semua Guru.3
1 TIM Dosen adm.pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan; hal: 312-313
2 TIM Dosen adm.pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan; hal: 314-315

3 TIM Dosen adm.pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan; hal:316

Tidak ada komentar:

Posting Komentar