- Definisi Pembelajaran
Pembelajaran
diidentikkan dengan kata “mengajar” berasal dari kata dasar
“ajar” yang berarti petunjuk yang diberikan kepada orang supaya
diketahui (diturut) ditambah dengan awalan “pe” dan akhiran “an
menjadi “pembelajaran”, yang berarti proses, perbuatan, cara
mengajar atau mengajarkan sehingga anak didik mau belajar.
Pembelajaran
adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber
belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan
yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu
dan pengetahuan , penguasaan kemahiran dan tabiat , serta pembentukan
sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain,
pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat
belajar dengan baik. Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat
seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun.
Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran,
walaupun mempunyai konotasi yang berbeda.
Definisi
Pembelajaran Menurut Para Ahli :
1.
Warsita
Pembelajaran
adalah suatu usaha untuk membuat peserta didik belajar atau suatu
kegiatan untuk membelajarkan peserta didik.
2.
Munif Chatib
Pembelajaran
adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi
informasi dan siswa sebagai penerima informasi
3.
Sudjana
Pembelajaran
dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistematik dan sengaja
untuk menciptakan agar terjadi kegiatan interaksi edukatif antara dua
pihak, yaitu antara peserta didik (warga belajar) dan pendidik
(sumber belajar) yang melakukan kegiatan membelajarkan.
4.
Corey
Pembelajaran
adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja
dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku
tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons
terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan subset khusus dari
pendidikan.
5.
Oemar Hamalik
Pembelajaran
merupakan kombinasi yang tertata meliputi segala unsur manusiawi,
perlengkapan, fasilitas, prosedur yang saling mempengaruhi dalam
mencapai tujuan dari pembelajaran. Beliau mengemukakan tiga rumusan
yang dianggap penting tentang pembelajaran, yaitu:
Pembelajaran
merupakan upaya dalam mengorganisasikan lingkungan pendidikan untuk
menciptakan situasi dan kondisi belajar bagi siswa.
Pembelajaran
merupakan upaya penting dalam mempersiapkan siswa untuk menjadi warga
masyarakat yang baik dan diharapkan.
Pembelajaran
merupakan proses dalam membantu siswa untuk menghadapi kehidupan atau
terjun di lingkungan masyarakat.
6.
Dimyati dan Mudjiono
Pembelajaran
adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruksional,
untuk membuat siswa belajar aktif, yang menekankan pada penyediaan
sumber belajar.
7.
Trianto
Pembelajaran
merupakan aspek kegiatan manusia yang kompleks, yang tidak sepenuhnya
dapat dijelaskan. Pembelajaran secara simpel dapat diartikan sebagai
produk interaksi berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman
hidup. Pembelajaran dalam makna kompleks adalah usaha sadar dari
seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarhkan interaksi siswa
dengan sumber belajar lainnya) dalam rangkan mencapai tujuan yang
diharapkan.
8.
Knowles
Pembelajaran
adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan
pendidikan
9.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 1 Ayat 20
Pembelajaran
adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber
belajar pada suatu lingkungan belajar.
10.
Slavin
Pembelajaran
didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku individu yang disebabkan
oleh pengalaman
11.
Woolfolk
Pembelajaran
berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan
perubahan kekal dalam pengetahuan dan tingkah laku
12.
Rahil Mahyuddin
Pembelajaran
adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif
yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek
13.
Achjar Chalil
Pembelajaran
adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber
belajar pada suatu lingkungan belajar
14.
David Ausubel
Ia
mengemukakan teori belajar yaitu teori belajar bermakna. Belajar
dapat diklasifikasikan dalam dua dimensi, yaitu:
Dimensi
yang berhubungan dengan cara informasi atau materi pelajaran
disajikan kepada siswa melalui penerimaan atau penemuan
Dimensi
yang menyangkut cara bagaimana siswa dapat mengabaikan informasi pada
struktur kognitif yang ada. Struktur kognitif adalah fakta, konsep,
dan generalisasinya yang telah dipelajari dan diingat siswa.
Dalam
implementasinya, teori ini terdiri dari dua fase, aitu mula-mula ia
menyangkut pemberian “the organizer” atau materi pendahuluan
diberikan sebelum kegiatan berlangsung dan dalam tingkat abstraksi.
Fase berikutnya dimana organisasinya lebih spesifik dan terarah.
16.
G.A Kimbleg
Pembelajaran
merupakan perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakuan
akibat latihan yang diperkukuh.
17.
Syaiful Sagala
Pembelajaran
adalah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori
belajar yang merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan”.
Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah. Mengajar dilakukan
pihak guru sebagai pendidik., sedangkan belajar oleh peserta didik.
18.
Briggs
pembelajaran
adalah seperangkat peristiwa yang mempengaruhi si belajar sedemikian
rupa sehingga si belajar itu memperoleh kemudahan dalam berinteraksi
berikutnya dengan lingkungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar