RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Pada SMP/MTs Kelas VII
Disusun Oleh
: MOH. ZAKI JAMALUDIN (14410069/14)
NO
|
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1
|
Pendahuluan
|
Pengenalan Guru
dan Murid
Melakukan
Pembelajaran dengan mengawali bacaan basmalah
Mensosialisasikan
Karakteristik Pribadi Muslim
Pembagian
kelompok Belajar Siswa-Siswi
Motivasi
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Pengarahan Adat bersalaman sebelum masuk
kelas
|
Memberi pengantar tentang
bagaimana hal yang ada dalam pendidikan agama islam,
Mengajak anak untuk
melestarikan budaya 7 S yang berazas pada dasar Negara dan
Pendidikan Agama Islam
- Menata pemahaman siswa untuk selalu berfikir pada ha yang
baik ketika menanggapi orang walau pada hakikatnya ia salah
|
2
|
Pemahaman Al Qur’an Hadits
|
|
Memahami Pengertian AlQur’an
dan Nama-nama Alqur’an
Mengerti dan Memahami hukum
bacaan nun sukun & Mim sukn bertemu hijaiyyah
Pemahaman terhadap Makharijul
huruf
Memahami hukum bacaan Al
Qamariyyah dan Syamsiyyah
Memahami Hukum bacaan Mad
far’i dan Mad Thobi ‘i
- Praktek Membaca Al Qur’an
|
|
|
|
3
|
Pemahaman Aqidah Akhlaq
|
|
Mengerti dan Memahami
Pengertian dari Aqidah
Memahami Rukun Iman, khususnya
iman kepada Allah dan Malaikat
- Memahami Asmaul Husna dan Sifat-sifat Allah (wajib, jahiz
dan muhall)
|
|
|
Mengerti dan Memahami
Pengertian dari Akhlaq bak Akhlak terpuji maupn tercela
Memahami dan mengidentifikasi
aspek/contoh akhlak terpuji seperti tawadlhu’, qana’ah,
sabar,kerja keras, tekun, ulet dan teliti
Memahami dan mengidentifikasi
aspek/contoh akhlaq tercela seperti, syirik, riya, iri,
dengki,dll
- Memadukan pemahaman materi dengan Alquran dan Hadits
sebagai dasar dalam berakhlaq dan beraqidah
|
4
|
Pemahaman Fiqih dan Ibadah
|
|
Mengerti dan Memahami
Pengertian dari Thaharoh dan tatacaranya melalui Wudlu,
tayammum, mandi besar, hadats dan najis. berkaitan dengan syarat
rukun dan tatacara pelaksanaan.
Memahami dan mengerti
ketentuan-ketentuan shalat
Memahami dan mengerti tentang
Shalat wajib, Sunnah, Shalat Jama’ah, munfarid, shalat jamak
qashar , dan Shalat Jum’at
|
5
|
Pemahaman Sejarah Islam
|
|
|
6
|
Evaluasi Pemahaman Materi
|
Pemahaman Materi Pelajaran lewat
soal-soal yang dibuat guru baik secara individu ataupun
kelompok.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar